Scroll untuk membaca artikel
Lampung Selatan

Krakatau Ditutup Radius 2 Kilometer

1
×

Krakatau Ditutup Radius 2 Kilometer

Share this article
Krakatau Ditutup Radius 2 Kilometer

Radartvnews.com- Inilah video amatir saat Gunung Anak Krakatau (GAK) mengeluarkan letusan yang cukup besar sampai mengeluarkan sinar api dan guguran lava pijar gunung yang terletak di kabupaten Lampung Selatan dengan ketinggian 305 meter diatas permukaan laut ini sampai har terus mengalami peningkatan aktivitas.

Bedasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada hari minggu kemarin tanggal 16 september 2018, terpantau akivitas letusan Gunung Anak Krakatau cukup besar sampai mengeluarkan sinar api dan guguran lava pijar ke selatan dengan aktivitas kegempaan terjadi tremor menerus atau microtremor dan terekam dengan amplitudo 5 sampai 50 milimeter atau dominan 40 milimeter.

“Pada minggu kemarin juga cuaca cerah dan berawan angin bertiup lemah ke arah timur suhu udara 25-26 °celcius dan kelembaban udara 74-78 persen dan ombak laut cukup tenang dengan ketinggian nol sampai 1 meter,” ujar Suwarno Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau.

Namun dari data tersebut kesimpulannya tingkat aktivitas gunung anak krakatau masih berada pada level dua atau waspada pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi atau pvmbg merekomendasikan kepada masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah.

Sementara itu, untuk mengetahui aktivitas kegempaan di Gunung Anak Krakatau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung memasang alat antena detektor gempa dan tsunami di pos pantau Gunung Anak Krakatau Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.(mai/san)