Saturday, September 19, 2020

Rutin Uji Kompetensi, PWI Lampung Raih Penghargaan

Most Read

Pilkada Ditengah Pandemi, Pemprov Tidak Punya Sikap

Radartvnews.com- Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 8 kabupaten/kota di Lampung pada 9 desember 2020 mendatang masih menjadi...

Selundupkan Sabu 2 Kg Divonis 16 Tahun

Radartvnews.com- Selundupkan sabu 2 kilogram warga Aceh, divonis 16 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung Karang. Barang...

Puluhan Warga Lampung Selatan Terjaring Tak Pakai Masker

Radartvnews.com- Operasi gabungan penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 dilakukan pemerintah kabupaten Lampung Selatan, (18/9/20). Operasi dipusatkan di jalan protokol...

Tangani Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber, Kejari Bandar Lampung Siapkan 7 JPU

Radartvnews.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung mempersiapkan tujuh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara kasus penikaman pendakwah Syekh Ali...

Konfirmasi Positif Covid-19 Nyaris 700, Lampung Nihil Zona Hijau

Radartvnews.com- Jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 di Lampung masih terus mengalami penambahan. Data satuan tugas covid-19 Lampung hingga jumat...

Tangkap Bandar Narkoba, Polres Metro Amankan Sabu dan Ekstasi Senilai Rp1 Miliar

Radartvnews.com- Satuan Reserse Narkoba Polres Metro meringkus satu tersangka bandar narkoba jenis sabu-sabu dan exstacy.  Tersangka TK (31) merupakan...

radartvnews.com- Dalam Pleno Kongres XXIV di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/9) malam, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung kembali meraih penghargaan PWI 2018.

Lampung juga sangat berbangga, karena Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Lampung DR. Hi. Iskandar Zulkarnain didapuk menyerahkan hasil disertasinya kepada Ketua Umum PWI Margiono. Adapun disertasi dengan judul Pengembangan Model Pendidikan dan Pelatihan Konvergensi Media dalam Meningkatkan Mutu Jurnalistik Berbasis Karakter. Ini merupakan hasil studi pada Sekolah Jurnalistik (SJI) PWI.

Sebelumnya, Kongres telah dibuka oleh Presiden Jokowi, Jumat sore. Hadir jajaran kabinet Jokowi, pengurus PWI pusat dan provinsi se Indonesia serta tamu undangan.

Plt. Ketua PWI Lampung Nizwar menerangkan, penghargaan PWI yang diterima karena berpretasi dan berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terkait peningkatan kompetensi melalui SJI dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Safari Jurnalistik, dan kegiatan pelatihan lainnya pada tahun 2018. Sehingga PWI pusat menilai pantas menjadi teladan.

“Selain Lampung, penghargaan ini juga diterima oleh PWI Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Banten, dan Kalimantan Tengah. Secara nasional kita ada diperingkat empat, sementara regional Sumatera menjadi yang terbaik,” terang Nizwar.

Menurut Nizwar, kesuksesan PWI Lampung untuk kesekian kalinya. Lampung terus mendapatkan apresiasi PWI Pusat sejak tahun 2012 dengan sejumlah program dalam meningkatan kompetensi wartawan di Bumi Ruwa Jurai.

“InsyaAllah ini semakin membuat kita terus terpacu untuk mewujudkan insan wartawan dan hasil karyanya yang semakin berkualitas, berwawasan, dan profesional di Lampung,” ujarnya.

Terkait disertasi DR. Iskandar Zulkarnain, ini menjadi model baru dalam perkembangan ilmu jurnalistik. “Hasil disertasi dapat menjadi acuan baik bagi PWI maupun bagi dunia pendidikan,” ucap Nizwar.

Sementara Iskandar menjelaskan bahwa disertasinya akan menjawab persoalan media yang sedang dirundung persaingan antara cetak, online dan media siar. Juga menjawab tantangan untuk menangkal berita bohong alias hoax.

“Disertasi ini pun menjadi acuan bagi wartawan milenial sebagai dasar menjalankan tugas-tugas kewartawanannya secara beretika dan profesional,” kata dia.(*)

berita pilihan

berita terkait lainnya