Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Virus Udang Serang Lampung

0
×

Virus Udang Serang Lampung

Share this article
Virus Udang Serang Lampung

Radartvnews.com- Budidaya udang di Provinsi Lampung termasuk cukup baik tak hanya lokal maupun secara nasional. Namun, ada persoalan yang membuat petambak di Provinsi Lampung harus putar otak. Permasalahan virus penyakit pada budidaya udang menjadi ancaman serius.

Pasalnya, sampai saat ini para petambak belum menemukan obat yang ampuh untuk mengatasi virus tersebut. Petambak udang di Lampung hanya bisa melakukan sebatas pencegahan. Jika persoalan virus penyakit ini tak ditangani secara serius tentunya sangat menghambat produksi hasil budidaya udang di Lampung.

Untuk menemukan solusi para petambak di Provinsi Lampung berkumpul melakukan diskusi panel. Kegiatan yang digagas oleh Ikatan Petambak Pesisir Barat Sumatera (IPPBS) ini diharapkan dapat  merumuskan upaya pencegahan dalam menghadapi penyakit pada udang.

Ketua IPPBS Agusri Syarif menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir pengusaha harus menghadapi virus-virus ganas yang menghambat pertumbuhan hasil budidaya sehingga menambah modal usaha yang dikeluarkan.

“beberapa tahun terakhir pengusaha harus menghadapi virus-virus ganas yang menghambat pertumbuhan hasil budidaya sehingga menambah modal usaha yang dikeluarkan,” ungkap Agusri.

Saat ini terdapat 4 penyakit yang menjadi musuh utama petambak  yaitu Infectious Myo Necrosis Virus (IMNV), White Feces Disease (WFD), White Spote Syndrome Virus (WSSV) dan Taura Syndrome Virus (TSV).  Untuk mengatasinya diperlukan identifikasi secara ilmiah sehingga diperoleh informasi dan solusi untuk pencegahannya.

Sementara, Forum Komunikasi Praktisi Aqua Kultur Lampung Hanung Irnadi mengatakan virus yang bermigrasi dari luar perairan Indonesia tersebut mulai menyebar pada budidaya udang di Lampung sejak 2013 dan hingga kini belum ditemukan obatnya. Sehingga petambak pun hanya bisa melakukan langkah pencegahan.

Meski begitu, saat ini semua pihak yang berkaitan dengan budidaya udang terus berusaha mencari solusi untuk menangani masalah penyakit yang juga memang belum ada obatnya. Penanganannya harus mengacu pada pembudidayaan yang ramah lingkungan dengan pemberian biotik dan mineral.

Diskusi panel yang diadakan oleh ippbs di Hotel Emersia, Bandar Lampung ini diikuti oleh para petambak udang di Lampung dan stakeholder yang berkaitan dengan budidaya udang. Diskusi merupakan salah satu upaya untuk mencari solusi berbagai permasalahan pada budidaya udang.(lih/san)