Scroll untuk membaca artikel
Lampung SelatanLampung TimurPemprov LampungPeristiwa

Yustin Ridho Ficardo Obati Kegelisahan Anak Pengungsi Tsunami Melalui Trauma Healing

1
×

Yustin Ridho Ficardo Obati Kegelisahan Anak Pengungsi Tsunami Melalui Trauma Healing

Share this article
Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo Tampak Menghibur Anak-anak Korban Tsunami Lamsel di Posko Pengungsian

Radartvnews.com- Ketua TP PKK Provinsi Lampung Ibu Yustin Ridho Ficardo melakukan “trauma healing” untuk mengurangi dampak psikologi bagi anak-anak pengungsi bencana tsunami yang ditampung di Lapangan Tenis Indoor Kalianda Lampung Selatan, Minggu malam (30/12/2018).

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo Nampak Menghibur anak-anak korban Tsunami Pesisir Lampung Selatan di Posko Pengungsian

Kehadiran Yustin memberi semangat baru dan mengobati kegelisaham anak-anak. Sebab, isteri orang nomor satu di Provinsi Lampung ini berdialog, bermain sambil mengajak anak-anak bernyanyi dan berpesan kepada agar para pengungsi tetap melaksanakan sholat 5 waktu, mengaji dan berdoa meski di lokasi pengungsian.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo Nampak Bernyanyi bersama Anak-anak di Pengungsian Korban Tsunami Lampung Selatan

“Walau sedang di pengungsian dengan segala keterbatasan, kita harus tetap semangat ya anak-anak, sholat 5 waktu jangan sampai tertinggal, jangan lupa mengaji, dan berdoa agar kita semua di berikan kekuatan untuk melalui semua ini, ibu akan sekuat tenaga membantu kebutuhan anak-anak disini”, ungkapnya. Yustin juga memberikan sejumlah bantuan berupa 250 paket sembako, 1000 lebih paket alat tulis serta makanan dan susu kepada anak-anak.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo tampak menyerahkan bantuan bagi balita korban tsunami lamsel

Pada kesempatan itu, Ibu Yustin menyempatkan diri mengecek ketersediaan logistik dan dengan penuh kesabaran mendengarkan keluh kesah para pengungsi dan kekurangan kebutuhan. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ini juga mengapresiasi para relawan dan pihak-pihak yang telah mendirikan posko trauma healing.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo menyapa warga korban Tsunami Lamsel

Menurut Yustin, para korban harus benar-benar diperhatikan bukan hanya dalam kecukupan makanan sehari-hari, baik tempat tidur, atau pun kesehatan, tapi juga yang sekarang harus menjadi perhatian adalah dampak psikologis yang mungkin muncul pasca Tsunami.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo tampak bersedih mendengarkan cerita warga korban tsunami lamsel yang kehilangan keluarga saat peristiwa tsunami terjadi

“Kesehatan psikologi harus di perhatikan betul, agar di kemudian hari tidak ada trauma yang muncul, terlebih lagi korban dari kalangan anak-anak dan balita, mereka harus kembali sehat jasmani serta rohaninya, agak bisa beraktifitas kembali seperti biasa” ujarnya.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo tampak menghibur orang tua dan balita korban tsunami lamsel

Yustin berpesan kepada relawan dan tim yang turun langsung untuk menjaga kesehatan, dan memperhatikan para korban terkhusus lagi kepada anak-anak dan balita. “Semoga kehadiran saya disini bisa membantu para korban dan jadi obat untuk anak-anak disini” pungkasnya.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo tampak meninjau lokasi tim medis yang berada di posko pengungsian korban Tsunami Lamsel

Turut hadir mendampingi Ibu Yustin dalam kunjungan tersebut Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi dan Keuangan Theresia Sormin, Kepala Bappeda Herlina Warga Negara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dewi Budi Utami serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Ferynia. (Rls/JF)