Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Gempa Tektonik Guncang Kota

3
×

Gempa Tektonik Guncang Kota

Share this article

Wilayah Bandar Lampung diguncang gempa bumi tektonik, pada rabu 24 juli 2019, pukul 13.29 WIB. Dari hasil analisis BMKG Kotabumi, menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=2.4 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 5.38 LS – 105.23 BT, tepatnya berada di darat pada jarak tujuh kilo meter barat laut Bandar Lampung, dengan kedalaman lima kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar local. Namun gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini dirasakan oleh warga daerah Kemiling, Bandar Lampung. Namun hingga saat ini  belum ada laporan mengenai  kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Pusat meteorologi dan geofisika muda dari BMKG Kotabumi membenarkan jika telah terjadi gempa tektonik diwilayah Bandar Lampung. Namun ia menjelaskan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena berpusat didarat.

Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Sas/Ri)