Ketat, 3 Carek Siap Berebut Kursi 1 Unila

  • Share

Usai mendengarkan paparan Visi-Misi, serta program kerja dari masing-masing bakal Calon Rektor, Senat Universitas Lampung melalui rapat senat tertutup, yang di hadiri oleh 47 Anggota Senat, menetapkan tiga nama menjadi Calon Rektor Unila Periode 2019-2023, untuk diajukan ke Kemenristek Dikti.

Ketua Senat Universitas Lampung menyampaikan, penetapan tiga nama Calon Rektor ini berjalan cukup ketat, pasalnya dalam pemilihan putaran pertama, Profesor Bujang Rahman memperoleh 19 suara dari 47 suara senat, Profesor Aom Karomani 14 suara, Profesor M.Kamal 6 suara, Profesor Satria Bangsawan 6 suara, dan Profesor Irwan Sukri Banuwa hanya mendapatkan 2 suara senat.

Selanjutnya karena Profesor M.Kamal dan Profesor Satria Bangsawan, sama-sama mendapatkan 6 suara, maka Senat memutuskan kedua nama tersebut, dilakukan pemilihan ulang. Dan hasilnya Profesor M.Kamal mendapatkan 32 suara, dan Profesor Satria Bangsawan mendapat 14 suara.

Sehingga dari hasil pemilihan ini Senat Unila, menetapkan Profesor Bujang Rahman, Profesor Aom Karomani Dan Profesor M.Kamal menjadi Calon Rektor Unila yang kemudian akan diajukan ke Kemenristek Dikti, untuk dilakukan pemilihan, karena 35 persen suara nantinya berasal dari Kemenristek Dikti.

Dengan demikian Profesor Irwan Sukri Banuwa, dan Profesor Satria Bangsawan dinyatakan gugur, lantaran mendapatkan suara terendah.

Dirinya menambahkan, tahapan pemilihan rektor akan di gelar 15 hari setelah tiga nama Carek ini diserahkan ke Kemenristek Dikti. Dengan mengacu pada Permenristek Dikti nomor 19 tahun 2017, yakni 35 persen suara dari menteri serta 65 persen suara Senat .(Kuk/Bow)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.