Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Kabut Gas Kepung Langit Lampung

1
×

Kabut Gas Kepung Langit Lampung

Share this article

Belakangan ini kondisi langit di Wilayah Kota Bandar Lampung, terlihat mendung serta seperti diselimuti kabut asap ketika dipagi hari, membuat sejumlah masyarakat was-was, pasalnya mereka khawatir kondisi ini merupakan dampak, dari asap kebarakan hutan dan lahan yang terjadi di Sejumlah Provinsi di Pulau Sumatra.

Seperti yang disampaikan warga Jalan Pulau Buru Sukarame, dan Warga Jalan Kotaraja Gunung Sari Bandar Lampung, mereka khawatir jika asap kebakaran hutan di Riau dan Jambi, meluas ke Provinsi Lampung, karena selama dua hari ini cuaca di langit seperti mendung dan diselimuti asap namun tidak terajadi hujan.

Menanggapi Fenomena ini, Rudi Harianto Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung menyebut, kondisi ini bukan dampak dari asap kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatra. Karena pantauan dari citra satelit, karakteristik angin mengarah dari timur menuju utara, sehingga lampung tidak terdampak.

Sementara terkait kondisi yang terjadi merupakan fenomena alam yang wajar, lantaran kabut yang berupa gas, tidak bisa menguap akibat kelembapan suhu yang sangat rendah, namun ketika mataharai sudah panas maka akan kembali cerah.Dia menambahkan jika saat ini, Lampung masih berada dipuncak kemarau, dan Musim Pancaroba diprakirakan terjadi pada akhir oktober hingga awal November mendatang, sehingga musim hujan secara umum diprakirakan pada pertengahan November. (Kuh/Rie)