Krisis Guru, Disdikbud Bandar Lampung Kurang 1.408 PNS

  • Share

Radartvnews.com – Minimnya penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada formasi guru dalam beberapa tahun terakhir, ternyata membawa dampak terhadap sekolah, di Kota Bandar Lampung. Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung menyebut, hampir semua sekolah baik jenjang SD maupun SMP di lingkungan Disdikbud, saat ini mengalami kekurangan guru khususnya guru PNS.

Berdasarkan data per-September 2019 atau Tahun Pelajaran 2019/2020, jumlah guru PNS pada jenjang SD saat ini sebanyak 2.163, sedangkan kebutuhannya sebanyak 3.177 guru. Sehingga masih dibutuhkan sebanyak 1.014 guru. Sementara untuk jenjang SMP jumlah guru PNS yang ada hanya 1.431. Sedangkan kebutuhannya 1.897, sehingga masih dibutuhkan sebanyak 466 guru.

Kekurangan guru PNS disebabkan beberapa faktor, seperti banyaknya guru memasuki purna bakti atau pensiun, sedangkan pengangkatan CPNS guru sangat minim setiap tahunnya. Oleh karena itu, jika persoalan ini tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan akan mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Suprihatin menambahkan, sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa tahun 2019 ini sebanyak 272 guru PNS di Kota Bandar Lampung, yang berasal dari jenjang SD dan SMP akan pensiun. (Kuh/Bow)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.