Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Masuk Rekor MURI, Ribuan Hafiz Lampung Catat Sejarah

2
×

Masuk Rekor MURI, Ribuan Hafiz Lampung Catat Sejarah

Share this article

Radartvnews.com – Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, kemarin mewisuda sebanyak 6.351 siswa-siswi Hafiz Quran. Para Hafiz Quran ini merupakan siswa-siwi madrasah yang bearasal dari berbagai tingkatan, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, baik negeri atau swasta se-Provinsi Lampung.

Kakanwil Kemenag Lampung Suhaili menyampaikan, program Hafiz Quran kepada siswa-siswi madrasah ini telah dicanangkan sejak 2015 lalu dengan menghafal minimal 3 juz di setiap jenjangnya. Selain itu dirinya berharap dengan mengamalkan syariat Islam, para siswa-siswi calon generasi penerus bangsa ini bisa menjadi manusia yang berakhlak mulia.

Sementara itu, Sekjen Kementrian Agama RI Mohammad Nur Kholis Setiawan, berharap program ini selain akan menjadi program nasional, juga bisa menjadi contoh bagi Kanwil Kemenag di provinsi lain. Karena menurutnya menghafal Al-Quran sangat berdampak positif bagi olah nalar atau pikiran yang nantinya meningkatkan prestasi bagi siswa-siwi dalam menempuh pendidikan.

Sementara sebagai bentuk apresiasi, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Moch Mukri menyampaikan, pihaknya akan memberikan beasiswa penuh bagi para Hafiz Quran, jika ingin melanjutkan pendidikan di UIN Raden Intan Lampung.

Dalam wisuda Hafiz Quran ini, terbagi dalam beberapa kategori, di antaranya hafiz 4 juz sebanyak 5.835 wisudawan, hafiz 9 juz sebanyak 333 orang, sedangkan hafiz 30 juz sebanyak 8 orang mendapatkan uang pembinaan sebesar 50 juta dari Kementrian Agama RI. (kuh/rie)