Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

BMKG Ingatkan Warga Pesisir Waspada

0
×

BMKG Ingatkan Warga Pesisir Waspada

Share this article
Sebagian besar wilayah Indonesia yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki puncak musim hujan

Radartvnews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifisika (BMKG) Stasiun Maritim Panjang mengimbau warga Pesisir Teluk Lampung waspada.

Berdasarkan pantauan radar satelit BMKG Maritim Panjang, selain adanya fenomena perubahan bulan baru bencana banjir rob juga dipicu akibat dampak badai siklon tropis mangga di wilayah perairan laut samudera hindia yang mengakibatkan pasang surut air laut dan angin kencang.

Andi Cahyadi Kepala Stasiun BMKG Maritim Panjang menjelaskan, BMKG menghimbau warga di kawasan pesisir untuk mewaspadai ancaman bahaya gelombang pasang serta menghentikan aktifitas melaut hingga sepekan ke depan.

Badai siklon tropis mangga ini mengakibatkan gelombang laut tinggi di kawasan perairan Laut Barat Lampung ketinggian gelombang mencapai 3 -4 meter. Sementara di kawasan Pesisir Teluk Lampung, ketinggian pasang air laut mencapai hingga 1meter.

“Salah satu yang memicu karena adanya badai siklon dan memicu pasang surut hampir di pesisir Lampung, BMKG sudah mengeluarkan imbauan agar masyarakat waspada,” jelas Andi Cahyadi.

Sebelumnya, ratusan rumah warga Pesisir Teluk Bandar Lampung dilanda banjir rob,  tidak saja merendm pemukiman banjir rob juga melumpuhkan aktifitas ratusan perajin ikan asin di kawasan pulau pasaran.(rmd/san)