Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampungcorona lampung

Surat Bebas Covid Berbelit

2
×

Surat Bebas Covid Berbelit

Share this article
Kurangnya pemahaman warga akibat minimnya sosialisasi pada tes rapid covid-19 untuk mendapatkan surat keterangan sehat dikeluhkan salah satu warga Bandar Lampung

Radartvnews.com- Surat bebas covid-19  bagi warga yang hendak melakukan perjalanan kerja, sekolah, perjalanan dinas ke luar daerah masih minim sosialisasi. Minimnya informasi yang ada membuat sejumlah warga belum memahami proses dan teknis persyaratan pelaksanaan rapid tes gratis maupun melalui jalur mandiri atau bayar yang  dilakukan di puskesmas yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Bandar Lampung.

Kurangnya pemahaman warga akibat minimnya sosialisasi pada tes rapid covid-19 untuk mendapatkan surat keterangan sehat dikeluhkan salah satu warga Bandar Lampung yakni Ujang.

Menurut pengakuannya, proses pelaksanaan mengurus dinilai berbelit belit dan membingungkan, bahkan Ujang menilai informasi yang disampaikan oleh para petugas di lapangan cendrung membingungkan.”kalau gini bingung informasinya juga bikin bingung kalau mau buat surat ,” jelasnya.

Sesuai intruksi Walikota melalui Dinas Kesehatan Bandar Lampung pelaksanaan tes rapid gratis ini hanya diperuntukan bagi mahasiswa/pelajar yang belajar di luar negeri, perjalanan darurat, pekerja migran dan perjalanan pekerja dibidang vital.

Sementara bagi warga yang tidak masuk klasifikasi tersebut, pihak puskesmas yang ditunjuk melakukan rapid tes bisa melayani tes melalui jalur mandiri atau berbayar. Sementara teknis untuk mendapatkan tes rapid setiap harinya puskesmas pelaksana membatasi maksimal 35 orang  gratis dan 35 jalur mandiri.(sah/san)