Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

3 Nelayan di Labuhan Maringai Hilang, Kapal Ditemukan di Cirebon

4
×

3 Nelayan di Labuhan Maringai Hilang, Kapal Ditemukan di Cirebon

Share this article
Tim gabungan mencari 3 nelayan Labuhan MAringgai yang tenggelam

Radartvnews.com– Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban kecelakaan kapal nelayan di Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Kapal nelayan membawa empat ABK tenggelam setelah dihantam ombak, satu nelayan berhasil selamat  sementara tiga lainya masih dalam pencarian.

Kejadian terjadi pada hari Selasa (01/12) pada pukul 16.00 WIB  perahu nelayan Mutiara Jaya terbalik karena terhantam ombak. Perahu Nelayan ini berawak 4 orang. Setelah terbalik terdapat korban yang berhasil selamat atas nama  Sadra (45) berenang menuju FSRU (Floting Storage and Regasification) Lampung dan sekitar pukul 19.00 WIB berhasil menaiki Yokohama Fender FSRU Lampung bagian depan kanan. Lokasi perahu terbalik di area dekat buoy B (buoy Timur).

Crew FSRU melaporkan ke bagian manajemen untuk melaksanakan evakuasi thd korban tsb. Pukul 21.05 WIB Kapal Tug Boat Tirta Elang dan Security Offshore segera melakukan evakuasi terhadap korban. Kemudian pihak FSRU melaporkan kejadian perahu nelayan terbalik dan rencana evakuasi korban ke pihak KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan) Maringgai. Pukul 22.10 WIB Sadra berhasil naik ke Tirta Elang dengan selamat. Tug boat Tirta Elang melakukan pencarian korban lainya yaitu Umar, Rasmin dan Imron.

Basarnas Lampung mendapat  informasi dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Maringgai Bp. Dwi Saputra pada Rabu pagi. Kepala Basarnas Lampung Jumaril, S.E., M.M. melalui Kepala Seksi Operasi Basri, S.Sos. menindaklanjuti laporan dan mengarahkan personil untuk menuju lokasi utk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. “Kami kirimkan tim Pos SAR Bakauheni dengan menggunakan alut RIB 02 untuk mengevakuasi korban selamat di Kapal Tug Boat Tirta Elang”, jelasnya.

Personil Pos SAR Bakauheni dikirimkan berjumlah 6 orang. Selain itu Basarnas Lampung mengirimkan tambahan 5 orang personil rescuer dari kantor untuk bergabung dan membawa perlengkapan penyelamatan di air.

Tim tiba di lokasi kejadian pukul 07.59 Wib dan langsung melakukan penyisiran dengan membagi menjadi 3 regu yg terdiri dari RIB 02 Basarnas, Kapal Polairud dan perahu nelayan. Sampai berita ini diturunkan hasil pencarian masih nihil dan tim masih melakukan penyisiran dengan radius 42 km. Pukul 12.11 WIB Tim SAR Gabungan menerima info dari Nelayan Cirebon bahwa mereka melihat perahu nelayan  yang diperkirakan sebagai perahu nelayan Mutiara Jaya di koordinat  5°26,64’S – 105°55,418’E. Kemudian tim langsung menuju koordinat dan berkoordinasi dengan tug boat melaksanakan proses penarikan perahu tsb. Pukul 15.00 WIB Tugboat melakukan Penarikan terhadap kapal mutiara tp tdk berhasil. Pencarian terus dilaksanakan hingga pukul 17.05 WIB namun belum membuahkan hasil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari Kamis (03/12) pukul 06.00 WIB.(rls)