Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Waspada, Gerombolan Curanmor Jadi Modus Baru

3
×

Waspada, Gerombolan Curanmor Jadi Modus Baru

Share this article
Aksi pencurian sepeda motor dengan cara bergerombol terekam CCTV.

Radartvnews.com– Para pelaku tindak kejahatan khususnya pencurian sepeda motor (Curanmor) mulai merajalela di Kota Bandar Lampung. Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, aksi pencurian sepeda motor dengan cara bergerombol terekam kamera pengawas atau cctv.

Kasus pencurian sepeda motor yang dilakukan dengan cara bergerombol oleh pelaku ini, menimbulkan keresahan warga Bandar Lampung khususunya  pemilik kendaraan bermotor.

Septiana warga Sukarame, Bandar Lampung menjelaskan, Selain takut sepeda motornya menjadi target incarannya keselamatan jiwa dari ancaman gerombolan pelaku curanmor juga lebih menjadi ikhwal kekhawatiran warga.”Takut juga, sekrang kan yang ambil motor ramai, kan bahaya juga buat keselamatan,” kata Septiana.

Menurut Kriminolog Universitas Lampung Sunarto mengatakan, modus yang dilakukan para pelaku curanmor dengan cara bergerombol merupakan startegi dalam menjalankan aksinya mengincar sepeda motor korban.

“Ini bisa jadi modus baru, selain dapat lebih banyak mendapatkan hasil cara bergerombol untuk menakut nakuti ketika aksinya terpergok korban dan warga. Bahkan dengan bergerombol atau secara beramai ramai dapat menumbuhkan kepercayaan diri masing-masing personal pelaku,” jelas Sunarto.

Menyikapi fenomena di akhir tahun 2020 itu, warga berharap aparat kepolisian dapat segera meringkus gerombolan pelaku curanmor agar tidak menimbulkan keresahan serta menjadi momok warga terutama pemilik kendaraan bermotor.(lds/san)