Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Deputi SAR Nasional Sidak Basarnas Lampung

1
×

Deputi SAR Nasional Sidak Basarnas Lampung

Share this article

Radartvnews.com – Deputi Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Pencaroan dan Pertolongan(SAR Nasional), Marsda TNI Suparmono melakukan sidak dan melihat langsung kesiapan serta pemeliharaan KN SAR 224 Basudewa di Perairan teluk Lampung,Minggu (13/6).

Sidak ini dilakukan untuk memasktikan Badan SAR Nasional (Basarnas) siap menjalankan misi kemanusiaan dan menghadapi bencana. Provinsi Lampung masuk dalam lingkaran ring of fire atau cincin api. Dimana wilayah ini terjadi aktivitas seismic terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit (palung) di dasar laut.

Deputi SAR Nasional, Marsda  TNI Suparmo mengatakan,tidak hanya sumber daya manusia (SDM), alat utama juga dituntut quick respon yang tinggi. Secara nasional, Basarnas akan mendapatkan enam unit kapal negara SAR di seluruh Indonesia. KN SAR juga akan disiagakan di Provinsi Banten, Medan, Surabaya, Maumere dan Tarakan.

Jumaril selaku Kepala Kantor Basarnas Lampung mengatakan bahwa Basarnas Lampung segera membentuk tim dan melakukan rangkaian pelatihan dalam rangka kesiapan Basarnas Lampung untuk merespon bencana darat seperti gempa bumi dan kecelakaan lalu lintas.(lds/san)