Saturday, September 18, 2021

Sanca Pemangsa Ternak Ditangkap

TERBARU

Radartvnews.com- Warga  Jalan Mata Air, Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, mendadak geger,  dengan kemunculan Ular Sanca Kembang di sungai kecil belakang rumah warga. Ular Sanca Kembang atau nama lainnya disebut Malayopython, diakui warga sudah sangat meresahkan, karena kerap memangsa puluhan hewan ternak.

Setelah sekian lama menjadi buruan, seekor Ular Sanca Kembang pemangsa ternak akhirnya,  berhasil ditangkap warga dan tim pusat penyelamatan satwa konservasi wilayah III Lampung Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Bengkulu.

Ular berjenis betina, dengan panjang 3,6 meter dan berdiameter 25 centimeter ini ditangkap setelah sebelumnya terlihat berkeliaran di sungai kecil belakang rumah warga, saat sedang memangsa satu ekor ayam.

Butuh waktu kurang dari 1 jam, warga sekitar menangkap ular yang  sudah meresahkan. Usai ditangkap, ular langsung dimasukan warga di dalam tong air, sambil menunggu tim petugas BKSDA untuk membawa ular tersebut.

Diakui warga, ular sanca dengan nama latin Malayopython ini memang sudah meresahkan warga. Lantaran kerap memakan hewan peliharaan. Sedikitnya 15 ekor ayam dan 24 ekor bebek hilang dalam dua pekan terakhir, kuat dugaan di mangsa ular.

Petugas BKSDA langsung melakukan penyelamatan ular ke-pusat penyelamatan satwa untuk dilakukan  observasi dan rehabilitasi, sebelum dilepasliarkan kembali ke habitat lebih baik di kawasan hutan.(lds/san)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

2.440 Burung Ilegal Gagal Diselundupkan

Radartvnews.com- Upaya penyelundupan ribuan ekor burung berbagai jenis digagalkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu - Lampung bersama Tim Flight Protecting...

berita terkait lainnya