Saturday, September 25, 2021

Lakukan Tips Keuangan ini untuk Anak Kuliahan yang Belum Kerja

TERBARU

Mengatur keuangan agar cukup satu bulan penuh untuk anak kuliah akan lebih mudah dengan tips keuangan yang jitu. Sering kali anak kuliahan sudah diberi uang saku oleh orang tuanya, masih saja merasa tak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Masih pertengahan bulan sudah ingin meminta lagi, padahal orang tua merasa uang yang diberikan sudah cukup.

Tips Keuangan Agar Uang Anak Kuliahan Cukup Sebulan Dan Bisa Menabung

Berapapun rata-rata uang yang dimiliki anak kuliahan? Berapapun jumlahnya dalam sebulan, tidak akan pernah cukup kalau tidak dikelola dengan baik. Jika hal ini sering terjadi tentu akan mengganggu kehidupan sehari-hari dan bahkan bisa mengganggu studi. Untuk mengatasi hal ini cobalah terapkan tips keuangan berikut.

1.     Buatlah Anggaran Belanja

Setelah menerima uang, buatlah anggaran belanja. Hal ini akan memudahkan mengetahui berapa pengeluaran setiap harinya dan uang tersebut digunakan untuk apa saja. Jangan malas mencatat semua pengeluaran yang kecil namun sering seperti makan, jajan, nonton atau sesekali makan di rumah makan mewah serta untuk menyalurkan hobi. Proses ini juga melatih sifat berhemat, karena ketika mencatat daftar pengeluaran bisa langsung menghilangkan keinginan belanja yang tidak penting.

2.     Pembayaran Tidak Telat

Bayar uang kuliah, kos, listrik dan wifi adalah beberapa hal yang perlu didahulukan sebelum yang lainnya. Hindari terlambat bayar karena denda adalah pengeluaran yang tidak perlu dan bisa dihindari. Setel pengingat pada ponsel untuk bisa melakukannya dengan tepat waktu

3.     Mulai Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Hingga hari ini masih banyak orang malas menulis pemasukan dan pengeluaran. Salah satu alasannya karena sangat menyenangkan menghabiskan uang untuk menuruti keinginan, dibandingkan sibuk mencatat. Padahal adanya tips keuangan sangat penting agar tidak kebablasan dalam mengeluarkan uang.

4.     Evaluasi Catatan keuangan

Barang ataupun jasa yang dicatat harus juga dianalisa. Lakukan evaluasi diakhir bulan dan Anda akan bisa melihat apakah Anda boros atau tidak. Bandingkan pengeluaran bulan ini dan bulan sebelumnya. Kalau uang yang seharusnya cukup sebulan tidak mencukupi, coba evaluasi dengan seksama, apakah ada kebiasaan yang terlalu menghabiskan uang dan perlu ditinggalkan.

5.     Bawa Uang Secukupnya

Membawa banyak uang tunai dapat khilaf untuk belanja berbagai barang yang menarik perhatian. Maka, saat ingin pergi kemanapun siapkan uang secukupnya saja. Misalnya untuk pergi kuliah, bawa uang hanya untuk transportasi, beli makanan di kantin dan uang untuk keperluan tidak terduga tapi tidak terlalu besar. Hindari juga memiliki kartu kredit atau membawa kartu debit, Anda bisa lebih hemat jadinya.

Nah, itulah beberapa tips keuangan yang dapat diterapkan. Mengelola keuangan itu penting sekali terutama masih dibangku kuliah dan belum menghasilkan penghasilan sendiri. Melatih diri untuk mengatur keuangan dan memastikan kebutuhan sehari-hari terpenuhi dan ada yang bisa ditabung.

Anda dapat memakai aplikasi Senyumku yang merupakan aplikasi pengaturan keuangan yang handal. Aplikasi ini juga bisa difungsikan sebagai tabungan untuk menyimpan dan transfer uang. Keunggulan lainnya adalah, aplikasi Senyumku juga bisa dipakai untuk berinvestasi dan membuka deposito.

Unduh aplikasi Senyumku-Buka Rekening Online dan peroleh informasi lebih lanjut. Aplikasi keuangan ini bisa membantu Anda dalam hal pengelolaan finansial. Ada pengelompokkan kategori pengeluaran, membantu menentukan budget yang tepat untuk tiap kategori dan pemberitahuan untuk pengeluaran yang mendekati budget.

Jadi, Anda tinggal memasukkan pos-pos pengeluaran dan sistem akan memberikan saran terbaik untuk mengatur keuangan harian dan juga bulanan. Aplikasi Senyumku benar-benar bisa jadi penyelamat bagi Anda yang kesulitan mengatur keuangan sendiri. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang bisa diakses cukup lewat ponsel ini untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

Referensi:
https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/cara-jitu-mengatur-gaji
https://www.cermati.com/artikel/4-cara-mudah-atur-gaji-bulanan-yang-kecil
https://pintek.id/blog/mengatur-gaji-bulanan/

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Bakso Sony Memang 1345678910 (Tak Ada 2-Nya)

MENGIKUTI perkembangan kasus dugaan pengingkaran penggunaan mesin perekam transaksi (tapping box) oleh managemen Bakso Son HajiSony, sebagai upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari...

berita terkait lainnya