Scroll untuk membaca artikel
Lampung Selatan

Panen Raya Padi VUB Inpari 33 dan 35

14
×

Panen Raya Padi VUB Inpari 33 dan 35

Share this article

Radartvnews.com- Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melakukan Panen Raya Padi VUB Inpari 33 dan Inpari 35, dengan penerapan Demplot Inovasi Teknologi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung.

Kegiatan ini dilakukan sebagai pembagian desiminasi ilmu, dan informasi dari Badan Litbang Pertanian untuk diberikan kepada masyarakat.

Sudin dan Nanang Ermanto turun langsung melakukan panen perdana bersama masyarakat petani dengan mengunakan alat pemanen padi atau combine harvester, pelaksaan panen raya ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Panen raya para kelompok tani dan gapoktan menerapkanĀ  BPTP Lampung menggunakan teknologi jajar legowo 2:1, pupuk organik dan pupuk hayati.

Petani di Lampung Selatan mengeluhkan dengan adanya hama tikus. Untuk membasmi hama tikus warga masih melakukan secara manual dengan cara grebek tikus. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta petani menghindari penggunaan setrum di persawahan.

Sudin berharap, petani Lampung Selatan bisa serius mengikuti Bimtek, sehingga pada penerapannya melalui Demplot Teknologi Inpari 33 dan Inpari 35 memperoleh hasil maksimal.

Diketahui pelaksanaan panen dan resess kegiatan demplot di Lampung Selatan merupakan kegiatan pengujian Padi VUB oleh BPTP Lampung dalam membangun dunia pertanian untuk bisa meningkatkan produktifitas pertanian pada masa pandemi Covid-19.(mai/san)