Wednesday, September 22, 2021

Kembalikan Kejayaan Olahraga: Lampung Berjaya, Lampung Bisa!

TERBARU

Radartvnews.com- Provinsi Lampung pernah berjaya di ajang Pekan Olahraga Nasional. Selalu berada di peringkat 5 besar, Lampung menjadi satu-satunya provinsi di luar Jawa yang mampu mengukir capaian prestisius ini.

Namun, kejayaan ini bak barang langka, seiring dengan merosotnya prestasi atlet-atlet Lampung di Kancah Nasional. Bahkan, provinsi pintu gerbang Sumatera ini kini selalu terlempar dari 10 besar peringkat PON.

Di era kejayaannya, kesebelasan Provinsi Lampung pernah meraih medali emas Cabang Olahraga Sepak Bola PON (Pekan Olahraga Nasional) X, 1981 di Jakarta.

Dalam babak final, Lampung diwakili oleh Jaka Utama berhasil mengalahkan Sumatera Utara 4-2 melalui adu tendangan penalti di Stadion Utama, Senayan, Jakarta, 30 September 1981 silam.

Sejak tahun itu prestasi Lampung selama 4 kali PON berlanjut terus disegani. Belum lagi amukan lifter-lifter Lampung yang akhirnya kerap disebut Gajah Mengamuk yang menjadi ikon tersendiri dalam menyapu bersih medali emas.

Prestasi ini kini tinggal mimpi, Gubernur Arinal meminta agar atlet bisa membawa medali bukan mematok target mengembalikan 5 besar Lampung.

Pelepasan Kontingen Lampung menuju PON XX 2021 di Papua dilakukan di Gedung Mahan Agung.

Pelepasan Kontingen Lampung ke ajang PON XX 2021 di Papua ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen kepada Ketua KONI Lampung, sebagai simbol telah di lepasnya para atlet yang akan berlaga di Papua Oktober 2021 mendatang.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal Djunaidi, menyampaikan harapanya kepada para atlet untuk mampu membawa pulang medali emas pada ajang PON 2021 di Papua dan mengharumkan nama Provinsi Lampung.

Arinal juga meminta kepada para atlet agar bertanding dengan sungguh-sungguh, agar mendapatkan hasil yang baik dan mengharumkan nama Provinsi Lampung dalam olahraga.

Ketua KONI Lampung Yusuf Barusman mengatakan, Lampung memberangkatkan 325 orang dengan rincian 138 atlet, 85 orang official, 67 official pendukung, bantuan pengamanan 25 TNI-Polri dan 10 orang wartawan.

26 Cabor diantaranya Angkat Besi, Angkat Berat, Panahan, Senam,  Alteltik, Biliar, Bulutangkis, Renang, Selam, Menembak, Dayung, Softball, Layar, Bermotor, Judo, Karate, Taekwondo, Tarung Derajat, Catur, Sepak Takraw, Tinju, Terjun Payung, Kempo, Muaythai, Baseball dan Gulat.(ldm/san)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

berita terkait lainnya