Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungUtama

Icaknya Tempur: Denjaka & Marinir Bebaskan Sandera, Bom Kantor Gubernur Dijinakkan

5
×

Icaknya Tempur: Denjaka & Marinir Bebaskan Sandera, Bom Kantor Gubernur Dijinakkan

Share this article

Radartvnews.com- Aksi penyelamatan oleh Pasukan Datasemen Jalamangkara atau Denjaka bersama Pasukan Brigade Infanteri IV Marinir BS Lampung, Rabu pagi(15/9/2021), berhasil membebaskan dan mengevakuasi Gubernur Lampung dari penyanderaan pasukan pemberontakan. Dengan sigap, pasukan langsung menyerang pihak pemberontak yang sudah berada di area Kantor Gubernur Lampung.

Skenarionya, Pasukan Militer 1 Batalyon diperkuat 1 seksi Armed,  berhasil masuk dan melaksanakan invansi di daerah serta telah memperkuat perkubuan juga rintangan dibantu satuan manuver terbaik Korps Marinir dari Brigade Infanteri 4 Marinir BS, dengan diperkuat unsur- unsur kavaleri  dan Tim Regu Pandu Tempur.

Pasukan tempur ini juga menunjukkan keahlian dalam hal penjinakkan bom yang telah dipasang oleh musuh di beberapa lokasi.

Dalam operasi ini, diterjunkan kendaraan tank baja, pesawat udara Cassa Umar 6205, Helly-Bell TNI AL dan pasukan penerjun.

Teknik  exfiltrasi Tim Bravo menggunakan teknik stabo melalui udara menggunakan helly-bell TNI AL, dimana teknik ini digunakan pada saat pelaksanaan pengunduran yang sangat sulit dijangkau.

Sekretaris Daerah Lampung, Fahrizal Darminto,  mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pasukan TNI Angkatan Laut ini. Pemilihan lokasi di komplek Kantor Pemprov Lampung dianggap tepat karena wilayah perkantoran merupakan sebagai objek vital.

Aksi latihan dalam penyelamatan sandera dalam latihan Triwulan III Denjaka dan LSL II Aspek Brigif IV BS berlangsung sekitar 30 menit. Sebelumnya, pasukan elite ini juga telah melaksanakan simulasi bertempur di hutan dengan melakukan penyerangan melewati laut.(rmd/san)