Sunday, October 17, 2021

FDR : Pentas Teater Dengan Gairah Membara

TERBARU

RADARTVNEWS.COM – BANDAR LAMPUNG : Gelaran Festival Dramatic Reading (FDR) pada Sabtu – Ahad (18-19/9) 2021, bukan gelaran biasa biasa saja.

Even terbuka perdana di masa Pandemi Covid-19 oleh Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) ini benar benar dirancang penuh kesungguhan dan totalitas, baik oleh penyelenggara dan para penampil. Sajian ini adalah pentas luar biasa.

Hingga H-1 atau Jumat (17/9) persiapan venue di Panggung DKL Komplek PKOR Way Halim sudah optimal. Ujicoba dekorasi panggung, lighting dan audio sudah berjalan.

Begitu dengan tata letak dan kerja panitia berkali kali disimulasikan. Termasuk pengaturan tempat penonton hingga pengawasan protokol kesehatan.

“Terkait proses teman teman sendiri, antusias lebih meningkat karena sudah lama pandemi tak berkarya. Bahkan ada grup yang mulai vakum kegiatan kini mulai beraktivitas kembali,” ujar Desi Susanti, Ketua Teater DK Lampung, kepada Radar Lampung TV.

JANGAN LEWATKAN : Mulai Sabtu – Ahad (18-19/9) gelaran pentas teater di Panggung DK Lampung, Komplek PKOR Way Halim. (foto : Istimewa)

FDR ini juga melibatkan banyak pihak kalangan penggiat seni. Termasuk para alumni yang kembali berkumpul ikut terlibat menyukseskan even terbuka perdana.

Kesiapan lain adalah terkait sajian para pementas. Komunitas Teater yang turun dalam FDR 2021 ini adalah grup teater pilihan.

Para sutradara masing masing komunitas mendapatkan supervisi langsung dari Tokoh Teater Lampung yakni Sutradara Teater Satu Iswadi Pratama, Ari Pahala Hutabarat (Teater Kober) dan Imas Sobariah (Anggota Akademi Lampung dan Aktivis Teater).

“Setelah pembekalan workshop, para sutradara berproses dan masih mendapatkan mentoring dan pendampingan dari tokoh teater Lampung. Nah, hasilnya dapat kita nikmati besok,” ujar aktivis Teater Lampung ini.

MAU NONTON? HUBUNGI NOMOR INI HP/WA 087794228859

Pada hari pertama, Sabtu, 18 September 2021 akan tampil pada sesi pertama; Pukul 09.30 – 10.30 WIB, Teater UKM KSS – FKIP Unila (Bandarlampung), mengusung lakon “BABU” karya Jean Genet dengan sutradara Tim KSS.

Sesi kedua, Pukul 11.00 – 12.00 WIB Komunitas Teater Malam (Metro) dengan lakon “PILGRIM” karta Ari Pahala Huta Barat dengan sutradara Kelana Senja.

Lalui sesi ketiga, Pukul 13.30 – 14.30 Teater Orion (Bandar Lampung) memanggungkan naskah “MACHBETH” karya William Shakespeare dengan sutradara Baysa Deni.

OBAT RINDU : Gelaran pentas teater FDR dipastikan menyajikan tampilan optimal. (foto : Istimewa)

Pada hari kedua festival, Ahad 19 September 2021, akan tampil pada sesi pertama, Pukul 09.30 – 10.30 WIB, Teater Kurusetra UKMBS Unila (Bandar Lampung), mengusung lakon “END GAME” karya Samuel Becket dengan sutradara Novian Pratama.

Dilanjutkan Pukul 11.00 – 12.00 WIB tampil Teater Jabal (Tanggamus) memanggungkan lakon “LEUNGIT” karya Imas Sobariah dengan sutradara Asep Kurniawan.

Sesi ketiga, Pukul 13.30 – 14.30 WIB tampil Sanggar Seni Gauri (Lampung Barat) mengusung lakon “END GAME” karya Samuel Beccket dengan sutradara Rian Krama Yudha.

Pada puncak kegiatan Festival Dramatic Reading gelaran Komite Teater Dewan Kesenian Lampung ini yang menarik, Minggu 19 September 2021 Pukul 19.30 WIN, ada special perfomance dari Teater Satu Lampung yang akan mengusung lakon “PILGRIM” karya Ari Pahala Hutabarat dengan sutradara Iswadi Pratama.

“Penonton terbatas bisa mengontak nara hubung untuk registrasi di HP/WA 087794228859. Tetap patuhi protokol kesehatan, agar semuanya lancar,” ujar Desi mengingatkan. (coy)

 

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Petaka Cinta Segitiga, PNS Dibunuh Depan Anak Istri

Radartvnews.com- David Hasan, pegawai Pengadilan Agama Kotabumi sudah tidak bisa diselamatkan lagi, meski sempat mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Bukit Kemuning. Korban tewas karena mendapatkan...

berita terkait lainnya