Sunday, October 17, 2021

10 Jenis Gantungan Baju dan Fungsinya

TERBARU

Gantungan baju menjadi salah satu alat rumah tangga yang memiliki banyak fungsi seperti menjemur baju di luar ruangan, tempat menggantung pakaian di kamar, sampai menjadi sarana untuk menggantung aksesoris seperti topi, sabuk, dan tas.

Jenis gantungan baju pun banyak macamnya, beberapa ada yang sifatnya menempel pada dinding, folding hanger, dan stand hanger. Buat Anda yang sedang mencari gantungan baju, cek 10 rekomendasi berikut ini.

 

1.       Gantungan Kawat

Gantungan kawat menjadi salah satu bentuk gantungan yang banyak di jual di pasaran. Harganya pun tergolong murah jika dibandingkan dengan jenis gantungan baju lainnya. Sayangnya hanger jenis ini terbuat dari besi berukuran tipis sehingga rentan bengkok dan rusak. Kekurangan lainnya adalah cepat berkarat. Berdasarkan ukuran dan dimensinya, gantungan kawat tidak cocok untuk menjemur baju yang tebal dan berat. Karena harganya yang terjangkau, gantungan kawat banyak dipakai oleh jasa penatu (dry-cleaner).

 

2.       Gantungan Kayu

Pilihan hanger selanjutnya adalah hanger berbahan kayu. Dibandingkan gantungan kawat, gantungan dari kayu punya penampilan yang lebih elegan dan biasanya digunakan oleh pihak hotel untuk memfasilitasi pengunjungnya. Bukan hanya itu, dimensinya pun lebih tebal sehingga cocok untuk menggantung pakaian berat seperti jaket atau coat. Gantungan kayu pun cukup awet sekalipun dipakai dalam jangka waktu lama. Beberapa jenis kayu yang dipakai untuk membuat gantungan baju adalah cemara, ash, walnut, dan cherry.

 

3.    Gantungan Plastik

Jika gantungan kayu masih memiliki risiko patah, Anda bisa menggunakan gantungan plastik untuk pilihan yang lebih awet lagi. Di pasaran, gantungan plastik hadir dalam beberapa pilihan bentuk. Contohnya gantungan plastik berbentuk tabular dengan sisi melengkung. Hanger bentuk ini cocok untuk menggantung kaos atau gaun bertali. Pilihan bentuk lainnya adalah gantungan plastik molded dengan karakteristik melengkung pada sisi bahu.

 

4.    Gantungan Berbantal

Gantungan berbantal juga dikenal dengan sebutan padded hanger. Gantungan ini terlihat lebih tebal karena dilapisi oleh kain berbahan lembut seperti satin di seluruh sisinya. Dari segi fungsi, padded hanger sangat pas untuk menggantung pakaian seperti gaun dan lingerie. Gantungan ini tidak cocok untuk menggantung pakaian berbahan tebal seperti coat karena bisa meninggalkan bekas di bagian bahu.

5.       Ladder Hanger

Sesuai namanya gantungan ini berbentuk tangga vertikal dan umumnya terbuat dari kayu. Anda bisa memanfaatkan gantungan ini untuk menggantung celana panjang, kerudung, sajadah, sampai selimut. Terlepas dari fungsinya, ladder hanger juga bisa digunakan untuk menghias ruangan karena bentuknya yang unik. Ketika diberdirikan, Anda tak perlu khawatir ladder hanger akan merosot sebab biasanya pada bagian bawah telah dilengkapi anti-selip. Adapun pilihan warna untuk ladder hanger terbilang bervariasi. Anda bisa memilih ladder hanger berwarna cokelat muda atau cokelat tua.

 

6.       Folding hanger

Folding hanger merupakan gantungan baju berbentuk lingkaran yang terdiri dari beberapa stik serta bisa dilipat ketika selesai digunakan. Pada umumnya masyarakat menggunakan folding hanger untuk menjemur pakaian bayi, jilbab, atau pakaian dalam. Folding hanger banyak dijual dalam dua variasi, yaitu folding hanger plastik dan folding hanger kawat. Dari segi keawetan, bahan kawat memang lebih awet dari plastik. Pasalnya plastik akan rapuh dan mudah patah akibat sering terpapar sinar matahari. Selain itu, ukuran folding hanger juga bermacam-macam. Tersedia folding hanger berisi 20 stik, 24 stik, sampai yang paling banyak adalah 30 stik.

 

7.    Gantungan Baju Hook wall

Gantungan baju hook wall ini sifatnya menempel pada dinding. Hook wall sendiri banyak digunakan untuk menggantung pakaian di kamar atau kamar mandi. Pilihan modelnya pun beragam, ada hook wall yang terbuat dari besi stainless dan ada juga yang terbuat dari plastik.

Jumlah kaitan pada hook wall juga bervariasi, mulai dari 5 kait, 6 kait, sampai 8 kait. Untuk versi yang lebih simpel, Anda bisa membeli gantungan baju hook wall single yang hanya memiliki satu pengait. Gantungan hook wall single biasanya dijual dalam satu paket yang berisi minimal 3 buah hook wall single.

 

8.       Stand Hanger

Belakangan, stand hanger banyak dicari karena sifatnya yang multifungsi. Umumnya stand hanger berbentuk tiang yang memiliki pengait untuk  menggantung benda seperti pakaian, tas, aksesori, dan topi. Selain berbentuk tiang, ada juga stand hanger dengan desain melengkung dan di bawahnya terdapat rak untuk menyimpan benda lainnya seperti sepatu atau pot. Karena bentuknya yang modern dan stylish, beberapa orang menjadikan stand hanger sebagai aksesori untuk menghias kamar tidur.

 

9.    Gantungan Baju Model Penjepit

Rekomendasi selanjutnya adalah gantungan baju dengan model penjepit yang ada di sisi kanan dan kiri. Jika Anda sering berbelanja ke mall, pasti pernah menemukan gantungan seperti ini. Ketika digantung dengan penjepit, baju atau celana tidak akan mudah lepas dan tetap diposisinya. Pilihan desainnya pun bervariasi, ada yang terbuat dari plastik, ada juga gantungan penjepit dari kayu bergaya Skandinavia. Jika ingin mempercantik lemari baju Anda, gantungan baju penjepit kayu bisa menjadi pilihan.

 

10.                    Hanger Rotan Bulat

Siapa di sini yang hobi mengoleksi jilbab? Nah, supaya jilbab tidak mudah kusut dan rusak, Anda bisa menempatkannya di hanger rotan berbentuk bulat. Dalam satu buah hanger rotan bulat, Anda dapat menyimpan hingga belasan jilbab sekaligus. Supaya tidak cepat kotor, tersedia hanger rotan bulat lengkap dengan lapisan plastik untuk melindungi jilbab dari debu.

 

Itulah 10 rekomendasi gantungan baju, mulai dari gantungan berbentuk sederhana sampai gantungan bergaya stylish cocok sebagai hiasan ruangan. Tertarik dengan salah satu rekomendasi di atas? Kini Anda bisa membelinya melalui Blibli dengan penawaran harga yang bervariasi. (m/net)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Petaka Cinta Segitiga, PNS Dibunuh Depan Anak Istri

Radartvnews.com- David Hasan, pegawai Pengadilan Agama Kotabumi sudah tidak bisa diselamatkan lagi, meski sempat mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Bukit Kemuning. Korban tewas karena mendapatkan...

berita terkait lainnya