Scroll untuk membaca artikel
Event

OKTOBER PESTA RUPA : DKL Siapkan Sumatera Art Show 2021

3
×

OKTOBER PESTA RUPA : DKL Siapkan Sumatera Art Show 2021

Share this article
SAKSIKAN & IKUTI : Gelaran Oktober Pesta Rupa Sumatera Art Show sudah disiapkan Komite Seni Rupa DKL.

RADARTV.NEWS.COM – BANDAR LAMPUNG : Seluruh komite di Dewan Kesenian Lampung (DKL) terus unjuk gigi program. Usai komite teater dan komite film. Kini, giliran Komite Seni Rupa menyiapkan agenda besar.

Spekturmnya regional Swarna Dwipa. Even itu adalah Pameran Virtual Sumatera Art Show (SAS) #1.

Even khusus ini dihelat dengan durasi cukup panjang satu bulan penuh, mulai 20 Oktober hingga 20 November 2021.

Hebatnya, di waktu sama, turut dihelat Suka Suka Serru Silaturahmi Seniman, mulai 20 Oktober – 30 Oktober 2021. Nah, gelaran luring atau offline ini diadakan di Gedung Kesenian DKL, Komplek PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Ketua Komite Senirupa DKL Ch Sapto Wibowo mengatakan untuk even Suka Suka Serru Silaturahmi Seniman memfasilitasi kreativitas para perupa Lampung.

“Harapannya kawan-kawan perupa meski disandera pagebluk Covid – 19, tetapi tetap kreatif dan berkarya. Jadi manfaatkanlah ajang pameran Sumatera Art Show (SAS) #1 dan Suka Suka Serru Silaturahmi Seniman (5 S) untuk unjuk karya,” ajak Ch Sapto.

Srikandi perupa Lampung Lila Ayu Arini, dari Komite Senirupa DKL, mengatakan rangkaian gelaran even S ini dilengkapai dengan diskusi, sketsa dan drawing on the spot, juga akan dibuka booth kriya dan souvenir.

“Pokoknya ajang silaturahmi merupakan ajang seru-seruan para perupa Lampung. Even ini diharapkan bisa memantik semangat setelah sekian lama disandera pandemi. Tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan,ya,” ujar Lila mengingatkan.

KETENTUAN PAMERAN DAN BAZAR

Adapun juknis pameran 5 S, peserta pameran berusia minimal 18 tahun. Setiap peserta menyerahkan biodata yang terdiri dari: data diri, alamat lengkap & poto diri (Word Document) dilengkapai konsep karya (Word Document).

AYO SENIMAN LAMPUNG : Lila Ayu Arini pegiat DKL mengajak seniman Lampung untuk ikut dalam gelaran Oktober Pesta Rupa. foto : Istimewa

“Foto karya yang akan dipamerkan, dengan resolusi minimal 700 kb dan maksimal 1 mb,” ujarnya.

Untuk semua persyaratan, dikirimkan melalui email ke basenkobasenko02@gmail.com. Selambatnya tanggal 28 September 2021, untuk keperluan e-katalog.

Karya yang dipamerkan pameran 2 dimensi, berupa sketsa, drawing, dan cat air/cat minyak. Untuk meedia dan teknik pembuatan karya tidak mengikat/bebas. Ukuran Karya max 1×1,50cm dan ukuran minimal 50x50cm.

Batas akhir pengumpulan karya, tanggal 5 Oktober 2021. Alamat pengiriman karya:Gedung Dewan Kesenian Lampung, Komplek GOR Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Bandar Lampung. Untuk yang kurang jelas bisa mengontak narahubung : Bunga Ilalang: 0831 6043 8518 dan Lila Ayu Arini: 0812 6460 4645.

Katalog pameran berupa e-katalog. Sedangkan untuk publikasi kegiatan dilakukan melalui berbagai promosi & media sosial. (Peserta yang ingin menjual hasil kriya/souvenir di booth dapat mendaftarkan diri pada panitia.

“Pengerjaan dan penyiapan karya hingga ke ruang pamer, adalah tanggung jawab peserta. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal tiga buah karya. Komisi panita 10% untuk setiap karya terjual,” pungkasnya. (hendarto setiawan)