Sunday, October 17, 2021

Transportasi Sumbang Inflasi

TERBARU

Radartvnews.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mencatat pada bulan September 2021, Lampung kembali mengalami inflasi sebesar 0,05 persen. Hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan harga di dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro.

Dari dua kota pemantauan, Kota Bandar Lampung mengalami inflasi sebesar 0,07 persen dan Kota Metro deflasi sebesar 0,11 persen.

Dari 11 kelompok pengeluaran yang dipantau, lima diantaranya mengalami inflasi. Kelompok pengeluaran tersebut yakni, kelompok transportasi menyumbang inflasi tertinggi sebesar 0,81 persen,  kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,23 persen, kelompok kesehatan 0,13 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman, restoran 0,06 persen  dan kelompok perumahan, air,  listrik dan bahan bakar rumah tangga 0,05 persen.

Dalam pemaparannya, Riduan, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Lampung  mengatakan, tak hanya inflasi, BPS Provinsi Lampung juga mencatat tiga kelompok pengeluaran mengalami penurunan indeks atau deflasi. Seperti kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar -0,10 persen, kelompok makanan, minuman dan tembakau -0,16 persen, dan kelompok informasi komunikasi dan jasa keuangan -0,69 persen.

Sementara tiga kelompok lainnya, yaitu kelompok pakaian dan alas kaki, kelompok pendidikan, dan kelompok rekreasi olahraga dan budaya tidak mengalami perubahan indeks.(sah/san)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Petaka Cinta Segitiga, PNS Dibunuh Depan Anak Istri

Radartvnews.com- David Hasan, pegawai Pengadilan Agama Kotabumi sudah tidak bisa diselamatkan lagi, meski sempat mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Bukit Kemuning. Korban tewas karena mendapatkan...

berita terkait lainnya