Tuesday, October 26, 2021

UAD Raih Piala Prof Hilman Hadikusuma NMCC 2021

TERBARU

Radartvnews.com– Malam puncak National Moot Court Competition (NMCC) 2021 digelar pada Minggu, 10 Oktober. Kompetisi nasional peradilan semu yang berlangsung selama tiga hari mulai 8 – 10 Oktober 2021.

Dalam kegiatan penutupan yang digelar meriah di gedung Auditorium fakultas hukum Universitas Lampung hadir langsung Prof. Dr. Karomani, M.Si selaku rektor Universitas Lampung dan para juri dari berbagai kalangan.

Kompetisi yang diinisiasi oleh Pusat Studi Bantuan Hukum (PSBH) bersama fakultas hukum ini digelar berkala setiap dua tahun sekali. Pada ajang perlombaan kali ini, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berhasil menyabet piala bergilir Prof. Hilman Hadikusuma sekaligus sebagai juara umum. Disusul oleh Universitas Brawijaya sebagai runner up 1, Universitas Sumatera Utara meraih kedudukan sebagai runner up 2 dan runner up 3 yang diraih oleh Universitas Sam Ratulangi Manado.

Selain itu, kedelapan delegasi juga bersaing memperebutkan dua puluh nominasi terbak yang dibagi menjadi dua, yakni kategori berkas dan kategori peran. Masing-masing kategori akan dibagi lagi menjadi lebih terperinci, seperti kategori berkas hakim terbaik, berkas advokat terbaik, berkas penuntut umum terbaik, dan berkas penyidik terbaik.

Kegiatan NMCC 2021 sangat berbeda dibandingkan pada tahun sebelumnya. Seperti yang diterangkan oleh Alvano Agung selaku ketua pelaksana,

“Untuk NMCC tahun ini memang ada perbedaan yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini juga dikarenakan faktor keadaan yang masing pandemi. Pada tahun sebelumnya, kegiatan NMCC digelar secara offline, tempatnya dilaksanakan di Balai Teratur dan sidang digelar di Pengadilan Negri Tanjung Karang serta mendatangkan seluruh peserta delegasi. Jadi untuk tahun ini kegiatannya di gelar secara semi online dan hanya menghadirkan dua orang perwakilan dari setiap delegasi. Namun secara kompetisi semuanya masih sama.” Paparnya.

Pada NMCC tahun ini, panitia menggandeng para juri ahli dibidang hukum.Seperti, juri kategori jaksa dari Kejaksaan Tinggi Lampung, juri kategori hakim, dihadirkan hakim dari Pengadilan Negeri Bandar Lampung, juri kategori berkas dihadirkan dari Polda Lampung, serta juri kategori advokat dari akademisi fakultas hukum unila yakni Dr. Sopian Sitepu, S.H. M.Kn.

Alvano selaku ketua pelaksana menjelaskan, pihaknya senang atas pencapain panitia dalam menyiapkan acara ini.

“Jujur, saya selaku ketua pelaksana bersama teman-teman panitia merasa puas. Espektasi kita terjawab dengan hasil yang cukup bagus. Sejak hari pertama sampai hari terakhir ini semua berjalan lancar. Delegasi juga merasa nyaman atas pelayanan yang kita kasih.” Pungkasnya.

Alvano menambahkan, ia berharap di tahun berikutnya kegiatan NMCC ini akan ada penambahan delegasi sehingga bisa diikuti oleh lebih banyak lagi universitas di Indonesia dan bisa lebih mengasah kemampuan bersaing para delegasi.(apv)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Konten Lawan Begal, Polda Lampung Periksa Youtuber

Radartvnews.com- Jagat maya dihebohkan dengan aksi Nasihin seorang youtuber yang viral karena melumpuhkan para preman dan pelaku criminal. Seluruh konten yang dibuatnya memamerkan bagaimana Nasihin...

berita terkait lainnya