Gudang Kotak Amal Militan JI Digeledah

  • Share
Rumah yang dijadikan gudang penyimpanan kotak amal

Radartvnews.com- Barang bukti ratusan kotak amal berlabelkan Laz Aba dibawa petugas dengan menggunakan mobil Brimob Polda Lampung atas penangkapan 3 militan di Pesawaran dan Lampung Selatan berinisial S-U, S-K dan D-W yang dilakukan oleh tim Densus 88 Mabes Polri pada Minggu (31/10) dan Senin (1/11/2021).

Kotak amal ini diamankan dari salah satu rumah yang dijadikan gudang penyimpanan yang berada di Jalan Mahoni, Way Halim Permai, Bandar Lampung. Diduga, ratusan kota amal ini menjadi sumber pendanaan bagi kelompok jaringan Jamaah Islamiah (JI).

Panut Darwoko ketua lingkungan menjelaskan, aktifitas terkait kotak amal di gudang ini sudah berlangsung sejak 5 tahun lalu. Namun belakangan, aktifitas kelompok ini mulai tertutup pascamaraknya isu kotak amal menjadi dana untuk teroris.

Sementara Kabidhumas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, kegiatan yang dilakukan tim Densus 88 merupakan hasil pengembangan atas penangkapan para terduga sebelumnya. Ketiga terduga yang diamankan merupakan orang berpengaruh dalam jaringan JI karena terlibat dalam program jihad global.

Barang bukti yang diamankan kemudian dibawa petugas ke Mako Brimob Polda Lampung.(rmd/san)

 

  • Share