Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Perahu Bocor, Penambang Pasir Ditemukan Meninggal di Way Seputih

0
×

Perahu Bocor, Penambang Pasir Ditemukan Meninggal di Way Seputih

Share this article

LAMPUNG TENGAH – Penambang Pasir di Sungai Way Seputih ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada Senin (17/01) pukul 19.15 WIB.

Kejadian ini berawal pada hari Minggu (16/01) pukul 10.00 WIB korban M. Khoirul Anam (20) bersama rekannya Khambali (55) dan Supar (40) menyeberang sungai menggunakan perahu kecil, di pertengahan perjalan perahu mengalami kebocoran kemudian tenggelam 10 meter dari pinggir sungai, 2 orang selamat 1 orang tenggelam dan hilang.

Kemudian rekan korban melaporkan kejadian. Korban merupakan warga Kampung Sribudaya SB 4 Kecamatan Way Seputih, Kabupaten Lampung Tengah.

Menanggapi laporan tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung mengerahkan personil Unit Siaga SAR Tulang Bawang untuk menuju ke lokasi kejadian dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

Tim Rescuer Unit Siaga SAR Tulang Bawang sampai di lokasi pada Minggu (16/01) pukul 16.30 WIB dan langsung bergabung dengan instansi dan pihak yang sudah terlebih dahulu berada di lokasi kejadian. Pencarian dilaksanakan hingga pukul 18.00 WIB dan hasil sementara masih nihil.

Pada Senin (17/01) pukul 06.00 WIB Tim SAR Gabungan kembali melaksanakan pencarian. Tim SAR Gabungan membagi menjadi 3 regu. Regu I melaksanakan pencarian menggunakan perahu karet Kantor SAR Lampung ke arah sisi sungai sekitar 5 km menuju hulu sungai. Regu II menggunakan perahu nelayan setempat melaksanakan pencarian di sisi kanan sungai sekitar 5 km menuju hilir sungai. Regu III melaksanakan pencarian via darat dengan menyisir tepi sungai menuju hilir.

Sekitar pukul 19.15 WIB regu yang terdiri dari nelayan setempat melaporkan bahwa telah melihat jenazah korban telah mengapung sekitar 400m dari lokasi kejadian pada koordinat 4° 46’52.98”S 105° 26’16.39″T. Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi dan mengevakuasi jenazah tersebut menuju rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Kepala Kantor SAR Lampung yang diwakili oleh Koordinator Unit Siaga SAR Tulang Bawang Santosa, membenarkan info tersebut. “Korban atas nama Khoirul Anam telah ditemukan pada pukul 19.15 WIB sekitar 400 meter dari lokasi kejadian.” Ujar Tosa.(rls/san)