Netizen: Tak Lagi Mirip Polri Tapi Inspektur Vijay

BANDARLAMPUNG – Kepolisian RI  resmi memperkenalkan seragam baru untuk personel Satpam. Warnanya kini lebih cerah dibanding sebelumnya.

Polri memperkenalkan seragam baru personel satpam dalam upacara hari ulang tahun Satpam ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan.

Seragam Satpam kini berwarna krem dengan celana cokelat tua. Sangat berbeda dibanding sebelumnya dan sudah tidak mirip dengan seragam polisi.

Penelusuran radartvnews.com, seragam ini sebelumnya dibocorkan akun @dramacommuterline di instagram belum lama ini.

Tapi bukan netizen namanya kalau tidak memberi beragam komentar jenaka.

@mfardi*** “Mirip Polisi India.”

@lidyas*** “Jadi mirip Paman Ladusing.”

Tak hanya itu, beberapa netizen menyayangkan warna seragam satpam tak lagi kembali ke warna asal yakni putih dilengkapi celana biru tua.

@sukai*** “Lebih terlihat wibawa pakaian putih hitam satpam.”

@Yudh*** “Sudah lebih elegan kalau atasan pake putih. Celana biru tua, lebih berwibawa”.

Dilansir dari radarcirebon.com (grup radartvnews.com)  Karopenmas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan warga seragam satpam dan Polri yang sangat mirip kerap membingungkan masyarakat.

Bahkan seragam yang mirip polisi sering bikin masyarakat yang berkendara deg-degan, karena disangka ada kegiatan razia polisi. Oleh karena itu, seragam satpam diubah.

Ramadhan menyebut satpam merupakan profesi baru yang mengemban beberapa fungsi kepolisian. Karenanya, perlu ada perbedaan identitas dengan Polri selaku pembinanya.

Pada September 2020 lalu, Polri mengatakan bahwa warna seragam satpam dibuat mirip agar ada kebanggan dan kedekatan emosional dengan polisi.

Warna cokelat kala itu dipilih karena identik dengan elemen bumi seperti tanah, kayu dan batu. Cokelat juga dianggap melambangkan kehangatan, kejujuran dan kebersahajaan.

Pada Oktober 2021, seragam satpam warna coklat yang mirip dengan Polri digunakan sebagai salah satu pakaian dinas resmi. Dan awal Februari, seragam satpam itu diganti lagi. (dnn/rie) 

Video @dramacommuterline 

Leave a Reply

Your email address will not be published.