Scroll untuk membaca artikel
Lampung UtaraVideo Terkini

Video Antrean Warga Mengular Ini Bikin Ngeri 

5
×

Video Antrean Warga Mengular Ini Bikin Ngeri 

Share this article

KOTABUMI – Operasi Pasar yang digelar oleh Dinas Perdagangan Lampung Utara, (21/02/2022) Diketahui telah menimbulkan kerumunan masyarakat yang luar biasa untuk mengantre mendapatkan Minyak goreng.

Informasi yang dihimpun radartvnews.com gelaran terdapat di tiga titik, yaitu di kantor Dinas Perdagangan, Pasar Dekon, dan Pasar Sentral. Masyarakat terlihat berdesak-desakan bahkan saling berebut untuk mendapatkan Minyak goreng yang saat ini sedang langka.

Praktisi hukum William Mamora, S.H saat dimintai pandangannya  mengingatkan, bahwa pelanggar kerumunan di tengah masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu bentuk pelanggaran pidana.

Baca Juga :   Muflikhatun S.Ag (PW muslimat Lampung) Ramadhan Melatih Doa dan Membimbing Nafsu Agar Terjaga

Aturan tersebut jelas tertuang dalam UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Di dalam pasal 93 UU No.6/2018 tersebut merupakan norma dan asas yang mengikat sanksi pidana bagi siapapun yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.

“Bahkan siapapun yang menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan juga bisa menjadi subyek pelaku tindak pidana,” tegasnya.

“Mereka (Pejabat) tersebut kan dalam keadaan penuh kesadaran, pengetahuan, Kapasitas Jabatan dan levelitas edukasinya harusnya sadar dan mengetahui bahwa menciptakan kerumunan massa adalah perbuatan melawan hukum dalam hal ini melanggar penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan bahkan konyolnya melanggar aturan yang mereka buat sendiri,” ujarnya saat ditemui di PN Kotabumi. (21/02/22)

Baca Juga :   Pramuantar Penumpang Kereta Api Keluhkan Minim Pendapatan

Menyikapi pelanggaran kerumunan massa di tengah massa pandemi seperti sekarang, dalam hal ini tidak melihat Subyek hukumnya.

“Jeratan hukum ini tidak melihat siapakah RS (Rizieq Syihab) dalam kapasitas sebagai Salah Satu ulama besar. Mengingat Indonesia memegang prinsip rule of law dengan persamaan kedudukan di hadapan hukum, sehingga tidak ada sikap eksepsionalitas dan diskriminasi hukum dalam kasus seperti ini,” ucapnya.

Selain itu, menurut William, Pasal 216 juga dapat dipergunakan sebagai alternatif atas dugaan pelanggaran atas penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan. Karena itu, menurutnya, siapapun yang dengan sengaja dan secara sadar (Opzet bij Als Oogmerek) bahwa membuat penyelenggaraan kegiatan seperti Operasi Pasar yang baru saja digelar oleh Dinas Perdagangan LU yang diketahui baik secara langsung maupun pantauan dari media sosial mengakibatkan kerumunan massa adalah melanggar ketentuan UU (Pasal 93 UU No. 06/2018), maka perbuatan itu adalah wederrechtelijkheid (perbuatan melawan hukum) yang dapat dianggap sebagai Subjek Tindak Pidana.

Baca Juga :   Pusat Oleh Oleh Lampung Diserbu Pemudik dan Wisatawan

“UU ini yang dapat dikenakan sanksi pidana, tanpa ada diskriminasi kepada siapapun subjek pelakunya, apalagi Pejabat,” kata William. (sas/rie)