Populasi Turun, 2024 Kursi DPRD Turun

  • Share
Saat ini jumlah kursi di DPRD Pesawaran berjumlah 45 kursi.

PESAWARAN- Jumlah kursi di DPRD Pesawaran pada Pileg 2024 berpotensi mengalami penuruandari 45 kursi menjadi 40 kursi.

Berdasarkan hasil pemuktahiran data oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran tahun 2021 jumlah populasi warga Pesawaran mengalami penurunan dari 500 ribu jiwa turun menjadi  477.165 jiwa.

Penurunan jumlah penduduk tersebut akan berdampak terhadap jumlah kursi di DPRD Pesawaran pada Pileg 2024 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino, mengatakan saat ini jumlah kursi di DPRD Pesawaran berjumlah 45 kursi  dengan jumlah penduduk di atas 500 ribu jiwa pada pileg 2019 lalu.

“Jika jumlah penduduk Pesawaran di bawah 500 ribu jiwa sampai akhir penyerahan Data Agregat Kependudukan per kecamatan (DAK2) pada  bulan Oktober 2022, maka jumlah kursi di DPRD Pesawaran pada Pileg 2024 mengalami pengurangan menjadi 40 kursi,” jelasnya melalui sabungan telepon (18/3).

Menanggapi hal tersebut Ketua DRPD Pesawaran Suprapto mengaku pasrah dan akan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

“Saat ini tengah dilakukan validitas data kependudukan Pesawaran, maka perlu dilakukan pemuktahiran data penduduk di 144 desa,” jelasnya.

Terkait adanya kendala anggaran untuk malakukan pemuktahiran data, pihak Legislatif akan berusahan mendukung program yang diusulkan oleh Ekskutif.(wfn/san)

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.