Ssst! Pemerintah Siapkan Bansos untuk Masyarakat Mampu  

  • Share

PEMERINTAH disebut-sebut tengah menyiapkan program bantuan sosial (Banso) yang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah.

Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyatakan, pihaknya sedang menggodok jenis bantuan lain yang akan diberikan kepada masyarakat kelas menengah.

Namun, ia masih enggan membocorkan jenis bantuan sosial yang akan diberikan tersebut. “Untuk masyarakat yang di desil 5-6 (kelas menengah), pemerintah sedang siapkan skema bantuan baru,” kata Susiwijono, saat konferensi pers daring, Jumat 8 April 2022.

Menurut Susiwijono, alasan pemerintah bakal memberi bantuan bagi kalangan menengah ini lantaran mereka juga rentan tertekan oleh kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. “Jadi tidak hanya di masyarakat level bawah saja, tapi di menengah juga kita perkuat daya belinya karena jumlahnya banyak,” sambungnya.

Susiwijono menuturkan, saat ini pemerintah sudah memiliki dua program bantuan untuk masyarakat kelas menengah.

Pertama, bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji sebesar Rp1 juta per penerima. Bantuan ini akan diberikan ke 8,8 juta penerima dengan total anggaran mencapai Rp8,8 triliun. “BSU akan diberikan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan,” ujarnya.

Kedua, lanjut Susiwijono, pemerintah menyiapkan program bantuan untuk usaha mikro sebesar Rp600 ribu per penerima. “Rencananya akan ada 12 juta penerima di program ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan akan memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp100 ribu per bulan per penerima selama tiga bulan yang dibayarkan sekaligus senilai Rp300 ribu per penerima.

Adapun total anggaran yang disediakan mencapai Rp6,95 triliun. Secara total, ada 20,65 juta penerima yang berstatus keluarga. Sementara 2,5 juta penerima merupakan pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung. (dnn/rie)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.