PT KAI Catat 43 Persen Tiket Terjual

  • Share
PT KAI mewajibkan penumpang melakukan vaksin lengkap saat mudik.

BANDARLAMPUNG– PT KAI Subdrive IV Tanjungkarang, telah menjual tiket sebanyak 43 persen atau sekitar 10.040 selama periode mudik lebaran hingga H+ 10.

Menurut Jaka Jarkasih Kabag PT KAI Subdrive IV Tanjungkarang mengatakan, untuk pemesanan tiket KA Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang  dan sebaliknya, sekarang masih belum terlalu tinggi.

“Masih biasa, kalo saya liat pemesanan masih landai saja. Karena memang sejauh ini kan mungkin belum terlihat arus mudik atau angkutan arus lebaran juga belum,” ujarnya.

Jaka juga menyampaikan,  total kapasitas  penumpang yang ada sudah mencapai 100 persen, walaupun sudah menggunakan kapasitas full namun pihak KAI tetap mengggunakan protokol Kesehatan dan membatasi penumpang untuk berkomunikasi didalam gerbong kereta, serta dilakukan pemerikasaan dalam perjalanan.

Sesuai dengan Surat Edaran No.39 tahun 2022 yang dikuluarkan Kementrian Perhubungan, ada berapa syarat yang harus di penuhi oleh calon penumpang yakni.

  1. Penumpang yang sudah melakukan vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19
  2. Jika penumpang hanya melakukan vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam
  3. Dan jika hanya melakukan vaksin pertama, penumpang wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
  4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
  5. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

KAI berharap agar seruluh calon penumpang, minimal sudah melakukan vaksin ketiga sehingga dapat mudik dengan mudah. Seperti slogan yang ada di KAI yaitu booster dulu baru mudik.(cr7/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.