34 Dai Cilik Tarung Raih 9 Tiket Final

  • Share
OPTIMAL : Ustadz Kuswo, Ketua Dewan Juri Lomba Dai Radar Lampung TV 1443 H (tengah) menyampaikan pengumuman peserta yang lolos ke babak semifinal. (Foto : Istimewa)

BANDARLAMPUNG – Lomba Dai Cilik dan Muda Radar Lampung TV Tahun 1443 Hijriah baru saja menyelesaikan babak penyisihan. Total ada 34 peserta dari tiga kategori lolos menuju babak semifinal.

Kategori A untuk tingkat SD dan MI dan kategori C tingkat SMA/ SMK/ MA masing-masing meloloskan 12 peserta, dan kategori B tingkat SMP – MTs memberikan 10 slot peserta.

Selanjutnya secara terjadwal, peserta akan tampil secara live atau langsung di Studio Radar Lampung TV. Di babak penyisihan digelar secara hybrid. Peserta mengirimkan video ceramah, diputar dan dinilai secara langsung oleh dewan juri.

Kategori C akan tampil hari Jumat 22 April 2022 mulai pukul 13.30. Berikutnya, Kategori A tampil hari Ahad 24 April 2022 mulai pukul 13.00, dan Kategori B tampil Selasa 25 April 2022 mulai pukul 13.30.

”Penampilan semifinal dan final akan disiarkan langsung secara digital, analog dan kanal khusus Youtube Lomba Dai Radar Lampung TV,” ujar Penanggung Jawab Acara Jefry Ardi.

Seluruh rangkaian even ini mendapat penilaian dari tiga dewan juri utama yakni Ustad Kuswo, Ustad Ahmad Khalil dan Ustad Alif Maulana.

DEWAN JURI : Tiga dewan juri utama Lomba Dai Radar Lampung TV Tahun 1443 H. (Foto Istimewa)

Dewan juri memberikan evaluasi pelaksanaan babak penyisihan. Juri memberikan penilaian obyektif, dan jeli dengan melihat kelebihan dan kekurangan.

”Secara umum, kami sangat puas. Meraka tampil maksimal, ada satu kloter dengan penampilan peserta yang sangat bagus. Kami sangat jeli, melihat kelebihan dan kekurangan. Inilah yang menjadikan mereka lolos atau tidak,” kata ketua Dewan Juri Lomba Dai Radar Lampung TV Ustad Kuswo.

Secara istimewa, dewan juri memberikan catatan khusus bagi peserta yang akan tampil semifinal secara live. Selain harus menguasai materi, mereka juga harus memiliki mental kuat.

”Karena jika materi siap tapi mental tak siap, maka bisa saja saat tampil menjadi lupa. Tapi jika keduanya siap, maka bisa tampil elegan dan percaya diri,” jelas Wakil Kepala SMP Negeri 2 Bandar Lampung itu.

Kemudian, peserta diharap saat tampil menyampaikan tema dan materi atau isi yang sesuai.

Untuk diketahui, Lomba Dai Radar Lampung TV Tahun 2022 ini merupakan gelaran sedari tahun 2016. Di masa pandemi, gelaran ini terhenti selama dua kali.

Even religi dengan sponsor utama JNE Expres dan didukung oleh Great Giant Food, IIB Darmajaya, Slanik Waterpark, Funboy, Kaway dan Oraqle ini diikuti oleh seratusan lebih peserta. Mereka harus melalui tahapan babak penyisihan.

Jika dilihat komposisi peserta yang lolos ke babak semifinal sangat beragam. Selain didominasi peserta asal Kota Bandarlampung, peserta lolos banyak berasal dari Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran dan Metro.

”Komposisi peserta sangat merata, dari kabupaten kota. Bahkan ada yang dari Provinsi Jogjakarta,” sambung Jefry. (TIM)

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.