Pemudik Diimbau Waspada, Ini Lokasi Rawan Longsor di Lampung

  • Share
Dok Radar Lampung TV

BANDARLAMPUNG- Cuaca ekstrem diprediksi masih terjadi selama arus mudik lebaran tahun 2022 di Provinsi Lampung.

Tiga kabupaten masuk zona rawan yaitu Kabupaten Pesisir Barat dan Tanggamus yang merupakan akses ke Provinsi Bengkulu, serta Kabupaten Lampung Barat dengan akses ke Provinsi Sumatera Selatan. Tiga wilyah ini menjadi fokus utama BPBD provinsi Lampung mengantisipasi adanya bencana longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung Rudy Sjawal Sugiarto,  mengungkapkan Secara umum  kondisi di Lampung diprediksi masih mengalami cuaca ekstrem selama waktu arus mudik dan balik 2022.

“Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Lampung, kondisi ini dipengaruhi fenomena iklim La Nina bersumber dari wilayah Timur Indonesia dan Dipole Mode yang bersumber dari wilayah Barat Indonesia Samudera Hindia barat Sumatera,” jelasnya.

Ia menambahkan  Meski tidak terlalu ekstrem tapi dampak ancaman bencana hidrometeorologi diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah.

“Setiap BPBD di kabupaten itu disiagakan selama 24 jam agar bisa bereaksi cepat ketika ada bencana diwilayahnya,” imbuhnya.

BPBD Provinsi Lampung meminta para pemudik untuk  waspada  saat Melintas di Jalur lintas barat Sumatera dikarenakan rawan longsor.(rmd/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.