Scroll untuk membaca artikel
Utama

Pemohon Adminduk Membludak, Peralatan Disdukcapil Pesawaran Usang

2
×

Pemohon Adminduk Membludak, Peralatan Disdukcapil Pesawaran Usang

Share this article
Ratusan warga yang didominasi oleh pelajar yang baru saja lulus berdesakan bahkan rela duduk dilantai lantaran kursi tunggu yang disiapkan telah penuh.

PESAWARAN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran kewalahan melayani permintaaan administrasi kependudukan (Adminduk) khususnya perekaman dan cetak dokumen.

Hal itu disebabkan membeludaknya masyarakat yang datang pada hari pertama kerja pasca libur hari raya idul fitri dan terbatasnya loket pelayananan.

Dari pantauan radartvnews.com (Radar Lampung TV) dilokasi 9 Mei 2022, terlihat ratusan warga yang didominasi oleh pelajar yang baru saja lulus berdesakan bahkan rela duduk dilantai lantaran kursi tunggu yang disiapkan telah penuh.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesawaram Fauzan Suaidi, mengatakan pihaknya akan memberikan pelayanan secara maksimal.

Namun dirinya mengakui Disdukcapil Pesawaran keterbatasan peralatan dimana untuk alat rekam dan cetak sudah usang dan sering terjadi gangguan sehingga membuat pelayanan tertunda.

“Jika memungkinkan pelayanan akan dibuka hingga malam hari. Warga yang mengurus adminduk didominasi oleh para pencari kerja dan pelajar yang baru saja lulus untuk mendaftar kuliah. Disdukcapil Pesawaran keterbatasan peralatan dimana untuk alat rekam dan cetak sudah using jadi sering terganggu,” jelasnya.

Guna mengantisipasi warga yang lokasinya jauh, pihaknya akan kembali mengaktifkan jebol atau jemput bola ke kecamatan hingga ke desa.(wfn/san)