Pelabuhan Panjang Siap Dikembangkan Jadi Pelabuhan Logistik

  • Share

BANDARLAMPUNG- Setelah digunakan sebagai pelabuhan alternatif saat mudik kemarin, Kementrian BUMN berencana akan menggunakan pelabuhan panjang sebagai alternatif pelabuhan pengirim logistik dari Lampung ke pulau Jawa ataupun sebaliknya.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadirkan halal bihalal dan dialog bersama pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung, Selasa sore 10  Mei 2022.

Menurut Erick Thohir, pertumbuhan kendaraan pengangkut logistik di pelabuhan Merak naik 116 persen, atas dasar itu penambahan pelabuhan sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran logistik dari pulau Sumatera ke pulau Jawa.

Selain untuk kelancaran logistik dengan adanya pelabuhan baru maka ekonomi masyarakat sekitar pun akan meningkat. Rencana penambahan pelabuhan ini masih dalam tahapan diskusi bersama pemerintah daerah.

“Penambahan pelabuhan sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran logistik dari pulau Sumatera ke pulau Jawa. Dengan dialihkan sebagian kendaraan logistik dari pelabuhan Bakauheni ke pelabuhan Panjang, maka menjaga keselamatan kendaraan pribadi saat menyeberang,” jelas Erick Thohir.

Dalam halal bi halal bersama Apindo ini, Erick Thohir menyebutkan Lampung sebagai pintu gerbang utama pulau Sumatera sangat berpotensi maju dan berkembang. Sehingga pemerintah pusat khusus Kementrian BUMN fokus dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Lampung.(sah/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.