BMKG Imbau Warga Pesisir Bandarlampung Waspada

  • Share

BANDARLAMPUNG- Stasiun Meteorologi Maritim Lampung merilis waspada banjir rob di wilayah pesisir Bandarlampung, Kamis 12 Mei 2022.

Meldisa Putri Selaku Forecaster (Prakiraan Cuaca) menyampaikan, banjir rob merupakan banjir yang datang dari air laut yang disebabkan air laut pasang.

Fenomena ini biasanya didukung dengan faktor astronomis itu masuknya ke bulan purnama dan fase perigee (jarak terdekat bulan – bumi). Selain itu juga banjir rob didukung oleh faktror meteorologis.

Untuk beberapa hari ke depan angin diperkirakan bertiup dari Timur-Selatan dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 20 knots.

warga pesisir Bandarlampung meliputi Gudang Lelang, Panjang, Teluk dan sekitarnya diminta mewaspadai banjir  rob. Diperkirakan banjir hingga ketinggian mencapai 1,5 hingga 1.6 meter.

“Disekitar Bandarlampung ini memang anginnya sedang kencang mencapai 15-20 knots sehingga potensi untuk banjir rob di tanggal 16-21 Mei 2022. Prakiraan waspada banjir rob ini kami memperkirakan akan terjadi banjir hingga ketinggian mencapai 1,5 hingga 1.6 meter,” ujar Meldisa Putri.(jps/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.