Kokoh di Peringkat Kelima FORNAS VI, Ini Perolehan Medali Kontingen Lampung

  • Share
Ketua KORMI Lampung Ansori Djausal Berphoto Bersama Atlet saat memberikan tali asih atas prestasi yang diraih

PALEMBANG-Penutupan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Palembang. Kontingen Lampung Kokoh di peringkat ke V. Hari terakhir, kontingen Lampung kembali menambah satu emas. Ini didapat dari cabor seni tarung tradisi kelas 38 kg. Dengan tambahan satu medali emas ini, kontingen Lampung berhasil kumpulkan 40 medali emas diajang Fornas VI Palembang.

Atas torehan ini, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung, Anshori Djausal bersyukur FORNAS VI Palembang, provinsi Lampung bisa finis peringkat ke V. “Alhamdulillah, kita bisa finis diperingkat Lima besar.  Ini membuktikan Lampung bisa bersaing dengan provinsi yang secara statistik diunggulkan seperti, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,”kata dia, Kamis (7/7/2022).

Dirinya pun mengucapkan terimakasih pada seluruh kontingen atlet yang bertanding.  Lampung bisa mengungguli provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara, lebih diunggulkan karena ketua KORMI Provinsi dijabat oleh Gubernur. “Hasil ini tak lepas dari persiapan dan rencana yang baik dari induk olahraga (Inorga). Terimakasih kepada seluruh kontingen atlet  yang berjuang di ajang Fornas VI Palembang ini,” kata dia.

Di FORNAS VII Jawa Barat mendatang tantangan Lampung lebih berat. Harus bisa mempertahankan lima besar. Untuk itu, Inorga mulai mempersiapkan diri dan membaca peta nasional guna fornas di Jawa barat tahun 2023 mendatang.

Salah satu strategi yang bakal di lakukan untuk menambah pundi-pundi medali emas di Fornas VII Jawa barat. Kormi Lampung bakal menambah jumlah Inorga yang akan di berangkatkan. “Tentunya untuk fornas VII Jabar, Kita akan targetkan 4 besar. Kormi Lampung akan menambah 10 Inorga, sehingga menjadi 46 Inorga dari 55 Inorga yang dipertandingkan. 36 Inorga yang ada, akan terus diperkuat guna mempertahankan perolehan medali emas,” kata dia.

Secara keseluruhan 40 medali emas didapat dari cabor sebagai berikut, 26 medali emas dari cabor kungfu, 2 medali emas dari cabor yoga, 2 medali emas dari cabor yayasan karate. Kemudian cabor panco, pencak silat budaya, sepeda tua, layang-layang,  bio energi, masing-masing satu medali emas.

Cabor Karate tradisional, Seni tarung tradisi, senam kebugaran, Sketboad, dan Bina Raga juga masing-masing satu medali emas. Dengan bertambahnya perolehan medali hari ini hingga pukul 17.00 WIB. Total keseluruhan medali yang didapat oleh kontingen atlet Lampung di ajang Fornas VI Palembang ini sebanyak 40 medali emas,  28 medali perak, 34 medali perunggu.

Ketua KORMI Lampung Ansori Djausal berphoto bersama Atlet Lampung Peraih Medali diajang FORNAS VI Sumatera Selatan

Dengan hasil ini, posisi Lampung masih bertahan di posisi V klasemen sementara. Peringkat pertama ditempati tuan ramah Sumsel dengan perolehan 87 medali emas, 121 medali perak, dan 136 medali perunggu. Ditempel oleh Jawa Barat, berada di posisi runner-up  77 medali emas, 78 medali perak, dan 82 medali perunggu.

Sementara Jawa Timur berada di posisi ke tiga, menempel Jawa Barat dengan perolehan sebanyak 77 medali emas, 65 medali perak, dan 49 medali perunggu. DKI Jakarta berada di posisi ke empat dengan perolehan 60 medali emas, 44 medali perak, dan 55 medali perunggu.

Sedangkan posisi ke 6 Klasemen ditempatkan oleh provinsi Kalimantan Timur dengan perolehan 29 medali emas, 19 medali perak, dan 24 medali perunggu. (Adk/JF)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.