Scroll untuk membaca artikel
Lampung SelatanPeristiwa

Baru Berlayar, KMP Batu Mandi Kandas 5 Jam

2
×

Baru Berlayar, KMP Batu Mandi Kandas 5 Jam

Share this article
Doc. Radar TV Lampung

LAMPUNG SELATAN – KMP batu Mandi Kandas di Pulau Penjurit, Bakauheni Lampung. Kapal membawa 393 penumpang dan 148 unit kendaraan.

Kapal bertolak dari dermaga eksekutif Bakauheni Lampung Selatan pukul 10.42 WIB, rencananya akan berlabuh ke Merak Banten sekitar pukul 11.00 WIB.

Diduga lambung kapal kandas di batu karangdan tak dapat bergerak. Penumpang akhirnya dievakuasi menggunakan kapal take boat Merak Dua Delapan dan kapal karet Polair Polres Lampung Selatan, kemudian dibawa ke Pelabuhan Bakauheni.

Salah satu penumpang kapal, Surya mengaku khawatir selama 5 jam karena stok bahan makan sudah sedikit.

“Bahan makanan yang diangkut mobil truk juga jadi busuk,” tutur Ijal, supir truk.

 

ASDP Selidiki Penyebab Kapal Kandas

Corporate secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan setelah 5 jam kandas KMP Batu Mandi kembali bersandar di Pelabuhan Bakauheni sekitar 16.15 WIB.

Seluruh penumpang dan awak kapal dalam keadaan sehat dan selamat, untuk muatan kendaraan juga dilaporkan dalam kondisi aman. Selama proses evakuasi berlangsung, ASDP juga telah membagikan makanan untuk konsumsi seluruh penumpang KMP Batu Mandi.

Setelah berhasil sandar di Dermaga 7 Pelabuhan Bakauheni, KMP Batu Mandi selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).(mai/san)