Swing Voters Tinggi, Pengamat Nilai Wajar

  • Share
Doc Radar Lampung TV

BANDAR LAMPUNG – Survey Rakata Institute menyatakan banyak pemilih yang belum tetap menentukan pilihan atau swing voters.

Survey Rakata Institute mencatat  51% masyarakat  menjadi swing voters pada Elektabilitas Kandidat Wali Kota Bandarlampung .

Walikota Bandarlampung saat ini Eva Dwiana, berada pada urutan pertama dengan 33,81% dan disusul oleh Herman HN diposisi kedua dengan 4,52%.

Akademisi Universitas Lampung (UNILA) sekaligus Pengamat Kebijakan Publik, Deddy Hermawan mengatakan besarnya jumlah swing voter dipengaruhi masih jauhnya masa Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), sehingga masyarakat belum menentukan pilihan.

Untuk Pemilihan Umum Presiden (PILPRES), warga akan menunggu siapa figure dan partai pengusung serta visi misi calon.

Swing voters dalam kelompok yang kritis akan menilai dan apa agenda yang dilakukan oleh partai politik. Kelompok swing voters merupakan rasional jadi wajar bila persentase survey tinggi.

Sementara itu, Divisi Teknis dan Humas KPU kota Bandarlampung Fery Triatmojo menyampaikan survei itu dimulai sebelum adanya sosialisasi pendidikan pemilih. KPU saat ini sedang fokus ke penyelenggaraan pemilu.

Dirinya yakin ketika sosialisasi dan pendidikan pemilih itu masif dilakukan oleh KPU, pasti akan menurunkan tingkat pemilih mengambang. (jps/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.