Ketua DPRD Lampung Tengah Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Indonesia

  • Share
Doc. Radar TV Lampung

LAMPUNG TENGAH – Ketua DPRD Lampung Tengah, Sumarsono mengajak seluruh masyarakat terus menjaga dan melestarikan kesenian budaya-budaya Indonesia, salah satunya kesenian wayang kulit yang telah diakui oleh dunia.

Sumarsono menjelaskan melalui pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Kelurahan Bandarjaya Barat, Kecamatan Terbanggibesar ini, dirinya ingin lebih mengenalkan budaya asli Indonesia kepada seluruh kalangan baik muda maupun tua.

Kesenian wayang kulit penuh dengan estetika budaya klasik dunia ini telah diakui oleh UNESCO yang merupakan lembaga khusus PBB yang tugas utamanya perlindungan situs-situs sejarah dan budaya.

Diharapkan Lampung Tengah akan menjadi sentra kegiatan-kegiatan budaya di Provinsi Lampung.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM, Persatuan Pedalangan Indonesia atau Pepadi Lampung Tengah,  Sm. Herlambang meyakini bahwa wayang kulit adalah salah satu media penyampai pesan yang tepat sasaran baik kepada kaum muda maupun orang tua.

Pagelaran wayang kulit banyak pesan yang bisa disampaikan bahkan untuk agama. Kesenian wayang kulit dapat menjadi filter dari budaya-budaya yang sudah sangat jauh menyimpang dari budaya nusantara yang ada.(tik/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.