Soal Proyek Rp 10 M, Ancam Lapor Mabes

  • Share
Doc Radar Lampung TV

WAY KANAN РPenanganan kasus dugaan kasus tender proyek pembangunan gedung perpustakaan daerah Kabupaten Way Kanan senilai Rp 10 miliar yang telah dilaporkan  PT Bintang Seribu hingga saat ini belum ada tindakan yang cukup signifikan oleh tim cyber Polda Lampung.

PT Bintang Seribu yang diwakili oleh Anwar Syarifudin mengatakan lapornya ke Subdit V Siber Dit Reskrimsus Polda Lampung karena terindikasi adanya pelanggaran Informasi dan Traksaksi Elektronik (ITE) saat mengikuti proses tender proyek pembangunan gedung perpustakaan Way Kanan tahun 2021. Ini diungkapkanya saat ditemui dirumahnya di Blambangan Umpu, Senin 29 Agustus 2022.

Lambatnya penanganan kasus tak ayal membuat pelapor merasa kecewa dan pesimis dengan kinerja kepolisian unit cyber Ditreskrimsus Polda Lampung. Laporan dilayangkan pertama kali pada 16 Desember 2021 terhitung sudah 8 bulan belum terdapat perkembangan. Setelah didesak melalui komunikasi whatsapp kepada penyidik pada tanggal 7 Juli 2022, barulah pelapor menerima SP2HP.

Awalnya perusahaan PT Bintang Seribu Way Kanan mengikuti proses tender pembangunan gedung perpustakaan daerah Way Kanan tahun 2021 dengan pagu anggaran Rp 10 miliar yang berasal dari APBD 2021 di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Semua dokumen telah dilengkapi dengan adanya notifikasi pemberitahuan. Namun setelah dibuka, jadwal pembukaan dokumen penawaran berkas milik PT Bintang seribu tidak ada, diduga diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, tidak ada penanganan yang serius dalam kasus ini karena lumrahnya kasus transaksi elektronik penanganannya sangat cepat. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melaporkan kasus tersebut ke Mabes Polri apabila belum ada perkembangan dari Polda Lampung. Berdasarkan surat yang diterbitkan oleh Subdit V Siber Dit Reskrimsus Polda Lampung Nomor : SP2HP/D5/VII/2022/Subdit V/Reskrimsus menyatakan sudah melakukan pemeriksaan saksi terhadap Pokja Pemilihan Konstruksi III Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Way Kanan.(dtn/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.