Apotek di Bandarlampung Tarik 5 Jenis Obat Sirup Anak Perusak Ginjal

  • Share

BANDARLAMPUNG- Pasca intruksi larangan oleh Kementerian Kesehaatan RI untuk tidak menjual atau menarik produk obat syrup, sejumlah apotek di Bandarlampung mulai menarik berbagai produk syrup anak diduga dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada anak.

Salah satunya apotek yang berada di Jalan Syam Ratulangi, Penengahan, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, Jum’at pagi tadi (21/10).

Sejumlah merk obat syrup mengandung senyawa etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) sebelumnya diduga menjadi penyebab merebaknya kasus gagal ginjal akut pada anak yang telah menewaskan beberapa orang anak di Indonesia.

Beberapa obat syrup yang ditarik dinataranya, Termorek anak, Flurin DMP, Unibebi demam, Unibebi Caugh SYR 60 ml atau obat batuk dan flu, Unibebi Caugh SYR 15 ml demam ditarik untuk tidak diperjual belikan.

“Pasca adanya instruksi adanya larangan oleh pemerintah untuk tidak menjual obat syrup anak yang memyebakan gagal ginjal akut, kami langsung melakukan penarikan beberapa jenis obat untuk tidak dijual,” kata Tio pemilik apotek.

Meski beberapa jenis obat sirop anak ditarik dari penjualan, pihak apotek mengimbau warga untuk tidak panic dan bila menghadapi yang sedang sakit maka disarankan untuk segera mendatangi petugas kesehatan agar dapat diberikan jenis obat yang sesuai dan aman.(lds/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.