Cegah Stunting Desa Model Konvergensi Dikembangkan

  • Share

BANDARLAMPUNG- Pemerintah Provinsi Lampung membentuk  Program Desa Model Konvergensi pencegahan dan penanganan stunting guna memaksimalkan aksi pengentasan kekerdilan di daerahnya.

Ketua tim penggerak pkk Provinsi Lampung Riana Sari.  Menyampaikan isu stunting sangat penting karena akan berakibat pada penurunan sumber daya manusia, karena memperlambat perkembangan otak  yang berakibat pada keterbelakangan mental .

Desa Model Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting  akan dikembangkan di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.  Tim penggerak pkk di kabupaten dan kota  terus berkolaborasi mengembangkan desa model konvergensi pencegahan stunting.

Pencegahan stunting dilakukan secara terintegrasi.  Sehingga model desa tersebut  bisa menjadi contoh ideal kelembagaan dan kegiatan secara komprehensif.

Pelaksanaan  akan melibatkan wanita dalam Musrembang Desa, ada penguatan usaha ekonomi pemenuhan hak asasi anak dari sisi kesehatan dan pendidikan. Selain itu akan ada kegiatan revitalisasi posyandu,  pembangunan Paud Holistik Terintegratif, lalu ada pula sekolah ramah anak serta pusat kegiatan anak.

Diharapkan  dengan Adanya Program Desa Model Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting dapat mempercepat penangan stunting di Lampung .(jps/san)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.