Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Lost Contact, Tim Sar Gabungan Cari Dua Nelayan

2
×

Lost Contact, Tim Sar Gabungan Cari Dua Nelayan

Share this article
Foto Basarnas Lampung

KRUI – Tim SAR Gabungan lakukan pencarian atas 2 orang nelayan asal Pesisir Barat lost contact di perairan Kuala Stabas, Kabupaten Pesisir Barat, Jumat 27 Januari 2023.

Kejadian berawal pada hari Kamis (26/01/2023) sekira pukul 03.30 Wib nelayan atas nama Ujang Sasmita (40) alias KEK  dan Holis (24) berangkat melaut mencari ikan melalui Dermaga Kuala Stabas Krui dengan menggunakan perahu katir Merek perahu Daya Sakti 02, warna perahu kuning, dengan mesin 15 PK.

Biasanya kedua nelayan kembali pulang sekitar pukul 15.00 WIB, namun hingga pukul 22.00 WIB mereka belum kembali. Kemudian penanggung jawab kapal menginformasikan kejadian tsb dan minta di lakukan pencarian  ke Polair dan di teruskan ke Basarnas Lampung.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan bergabung dengan unsur SAR gabungan untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

Tim tiba di lokasi kejadian pada Jumat (27/01) pukul 03.00 WIB dan langsung berkoordinasi dengan tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi kejadian. Hasil koordinasi dengan unsur SAR Gabungan, pencarian akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Tim SAR Gabungan membagi tim menjadi 2 tim. Tim 1 menggunakan Jukung ( Double Stabilizer) Basarnas melaksanakan pencarian dari Labuhan Jukung ke lokasi kejadian sejauh 15 Nm (Nautical Mile). Tim 2 melaksanakan penyisiran dari Dermaga Kuala Stabas via darat sepanjang 4 km.

Hingga Pukul 17.00 WIB Tim SAR Gabungan belum menemukan tanda tanda keberadaan korban. Tim menghentikan pencarian sementara dikarenakan cuaca tidak mendukung dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu (28/01) pukul 06.00 WIB.

“Pencarian hari ini masih belum membuahkan hasil, dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu pagi.”, jelas Deden.

Unsur SAR gabungan yang turut melaksanakan pencarian terdiri dari personil Pos SAR Tanggamus, Polair Polda Lampung, Polair Polres Pesisir Barat,  Koramil Pesisir Tengah, Polsek Biha, nelayan setempat dan pihak keluarga. (rls)