30 Ribu Ton Beras Tiba, Bulog Siapkan Puluhan Truk

Stok Beras Lampung Bisa Dua Lebaran

radartvnews.com- Provinsi Lampung dalam waktu dekat akan menerima impor beras dari Thailand sebanyak 5.500 ton. Beras impor ini akan tiba di pelabuhan panjang, Bandar Lampung pada 9 februari 2018.

Impor beras ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk memberikan cadangan ketersediaan beras, bulog divre lampung telah melakukan persiapan jelang kedatangan beras impor tersebut.

Kepala Bidang Operasional Pelayanan Publik Joko Tri mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait keberangkatan pengiriman beras impor dari thailand apakah akan dilakukan besok atau tidak.

“5.500 ton beras itu tidak akan diperuntukkan provinsi lampung saja tetapi seluruh daerah di pulau sumatera, apabila daerah ada yang mengalami kekurangan stok beras,” ungkap Joko (7/2).

Meski begitu pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan mulai dari persiapan dokumen, hingga operasional armadanya, imbuh Joko

Sebanyak 20-30 armada truk disiapkan untuk mengangkut beras impor tersebut, 5.500 ton beras impor itu nantinya akan disimpan didalam gudang penyimpanan beras milik bulog di daerah campang dan garuntang.

“masuknya  5.500 ton beras impor ke lampung itu tak  terlalu berdampak karena stok ketersediaan beras di lampung masih cukup yakni sebanyak 24 ribu ton  dan bertahan hingga maret 2018 mendatang,” kata Joko.

Impor beras yang akan masuk ke provinsi lampung total sebanyak 30.000 ton  yang akan dilakukan secara bertahap, beras impor yang diprioritaskan untuk cadangan ini sendiri bisa bertahan lama sekitar  satu tahun kedepan.(lih/san)