Amputasi, Harimau Lewati Masa Kritis

Beginilah kondisi harimau jantan yang di beri nama Kyai Batua saat berada di dalam kandang isolasi,  Taman Konservasi Lembah Hijau, kota Bandar Lampung. Usai dilakukan penanganan medis oleh tim medis BKSDA Bengkulu – Lampung, yang tergabung dalam tim reaksi cepat dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) dan tim Wildlife Rescue Unit (WRU).

Dengan mengamputasi sebagian kaki kanan nya yang telah membusuk akibat terkana jerat kawat di dalam kawasan hutan batu ampar desa Ringin Sari, Kecamatan Suoh,  Lampung Barat,  2 Juli 2019 .

Setelah dua minggu pasca operasi  harimau dengan bobot berat109 kilogram,  dengan usia 3 sampai 4 tahun ini masih harus menempati ruang isolasi hingga beberapa bulan kedepan untuk pengobatan pasca operasi hingga keadaan nya membaik .

Sementara itu, komisaris utama taman konservasi satwa lembah hijau,  M Irwan Nasution, menjelaskan untuk penempatan harimau di lokasi taman konservasi lembah hijau, pihak nya telah menyiapkan sejak 5 tahun silam.

Dengan beberapa fasilitas yang dimiliki sebagai lokasi konservasi, lembah hijau berharap harimau sumatra ini dapat kembali pulih. (Re/Ri)