Aprilani Yustin Ficardo Menitipkan 2 Program Prioritas Untuk Dilaksanakan Dalam Agenda Kerja BKOW

Aprilani Yustin Ficardo Menitipkan 2 Program Prioritas Untuk Dilaksanakan Dalam Agenda Kerja BKOW Lampung
Aprilani Yustin Ficardo Menitipkan 2 Program Prioritas Untuk Dilaksanakan Dalam Agenda Kerja BKOW

radartvnews.com – Penasehat BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menitipkan 2 Program Prioritas untuk dilaksanakan dalam Agenda Kerja BKOW Tahun 2017 yakni terkait masalah Kesehatan Perempuan Terhadap Kanker Serviks dan Penanggulan Narkoba terhadap Anak di Provinsi Lampung. Demikian disampaikan ketika memberi sambutan sekaligus membuka acara Rapat Kerja Daerah BKOW Provinsi Lampung di Ruang Sungkai Balai Keratun, Rabu (19/0/2016).

Dalam sambutannya Aprilani Yustin Ridho Ficardo menjelaskan bahwa pada dasarnya rapat kerja dilakukan guna membahas program kerja yang sedang dan akan dilaksanakan, pelaksanaan program hingga evaluasi program.

Untuk itu pihaknya berharap BKOW sebagai wadah organisasi perempuan diharapkan dalam melaksanakan program kegiatannya dapat bersinergi dan bekerja sama dengan organisasi perempuan lainnya di tingkat pusat dan Kabupaten/Kota se-Provinsi serta Pemerintah Provinsi Lampung dalam menjalankan program dan menyatukan visi dan misi kegiatan terutama yang menyangkut bidang Perempuan dan Anak di Provinsi Lampung.

Selain itu, Perempuan yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu perempuan inspiratif ini mengatakan,saat ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sedang gencar melaksanakan Program Three Ends. Dimana strategi yang dilaksanakan adalah mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan perempuan dan anak serta mengakhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan.

“Kami berharap seluruh organisasi perempuan yang ada di Provinsi Lampung dapat bersinergi dan bekerja sama untuk mendukung program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut serta mendukung program yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung”, jelasnya.

Lebih lanjut Aprilani Yustin Ridho Ficardo ini juga menitipkan 2 Program Prioritas untuk dilaksanakan dalam agenda kerja BKOW dan Organisasi Perempuan lainnya di Provinsi Lampung yakni terkait meningkatkan kesehatan dan kesadaran perempuan terhadap kanker serviks melalui pemeriksa dini dengan IVA serta penanggulangan masalah narkoba terhadap anak dan remaja di Provinsi Lampung.

Menurutnya hal ini dikarenakan permasalahan kanker serviks sebagai permasalahan yang mengkhawatirkan bagi kaum perempuan. Sehingga diharapkan peran serta organisasi perempuan untuk membangun kesadaran di masyarakat untuk melakukan deteksi dini dengan IVA.

“Untuk penanggulangan masalah narkoba dibutuhkan peran serta perempuan dan masyarakat untuk aktif dalam kegiatan parenting. Sehingga diharapkan dapat mendapatkan ilmu dalam rangka menyiapkan generasi yang berkarakter serta berakhlak mulia”, tegasnya.

Ketua Umum BKOW Kingkin Sutoto mengatakan, Rapat Kerja BKOW merupakan agenda rutin setiap tahun untuk merumuskan program kerja sekaligus mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.

Menurutnya sebagai wadah organisasi wanita, dalam melaksanakan kegiatannya BKOW mengacu pada Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi dan sejalan dengan peraturan pemerintah serta bersinergi melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak Provinsi Lampung.

Selain itu dalam Rapat Kerja yang bertemakan “Tingkatkan Kinerja Pengurus BKOW dalam Melaksanakan Program Kerja Nyata” menjelaskan bahwa selama tahun 2016 ada beberapa program yang telah dilaksanakan. Di bidang kesehatan, ia menyebutkan, meningkatkan peran organisasi dalam memberantas kanker serviks dan menekan angka kematian bayi dan ibu.

Program lain yang akan dilaksanakan, meningkatkan kesehatan melalui pelatihan senam. Di bidang pariwisata, pengenalan objek wisata yang ada di Provinsi Lampung. Di bidang pendidikan melakukan pelatihan pendidikan karakter untuk anak usia dini yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu. Sedang di bidang hukum, BKOW Lampung akan memberikan mediasi perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak-anak.

“Raker juga untuk memperbaiki kekurangan selama kepengurusan berjalan dan menetapkan tujuan organisasi agar bisa tercapai dan berhasil sesuai tujuan program kerja dan diharapkan pelaksanaan agenda program tahun 2017 dapat lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Lampung” , katanya.

Dalam acara tersebut turut hadir istri-istri anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Organisasi Perempuan serta sejumlah SKPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/Min)