Arinal Desak Kemenhut Bersikap

Konflik di kawasan register 45 kabupaten Mesuji yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa membuat gubernur Lampung, Arinal Djunaidi angkat bicara. Ditemui usai memimpin rapat pertemuan dengan jajaran DPRD Lampung, kamis sore, Arinal meminta perlu adanya perhatian serius untuk mengatasi persoalan ini.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan persoalan konflik di kawasan register kerap terjadi dan terus terulang. Menurutnya, agar kedepan tak ada lagi terjadi konflik tersebut perlu di atasi secara serius.

Arinal meminta kementerian kehutanan untuk segera mengambil tindakan, pasalnya kawasan register 45 berada dalam kewenangan kementerian kehutanan. Sementara pemerintah provinsi Lampung dan pemerintah kabupaten / kota memiliki kewenangan terbatas.

Gubernur menyatakan bahwa pemprov Lampung siap memberikan masukan agar konflik register tak lagi terulang. Sementara saat ini, pemprov bersama pihak terkait seperti kepolisian dan TNI terus melakukan penanganan dengan serius agar konflik meredam.

Selain memfokuskan untuk mencari solusi agar konflik kedepan tak berkepanjangan, pemprov Lampung juga akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah kabupaten OKI agar situasi kembali kondusif dan tak menimbulkan korban jiwa kembali. (Lih/Ri)