Aroma Janggal KPU Via Situng

Dalam situs hitung cepat KPU dengan laman https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ terlihat perbedaan hasil jumlah data

Radartvnews.com- Kecurangan dalam pemilihan presiden 17 april lalu kental terasa mulai dari karut marut kertas suara di hari H pencoblosan. Hasil quick qount lembaga survei yang menimbulkan kontroversi dan proses hitung cepat yang dilakukan oleh penyelanggara.

Dalam situs hitung cepat KPU dengan laman https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ kekacauan hitung terlihat jelas.

Radar tv mencoba menghitung secara manual jumlah surat suara yang telah masuk dalam tabulasi hitung cepat KPU. Hasilnya, pasangan calon 02 memperoleh suara sebesar 2.334.861 dari 35 provinsi ditambah suara dari luar negeri.

Namun dalam diagram persentase jumlah tersebut berubah pasangan 02 hanya mendapat 1.767.429 dengan persentase 45,03%. Sementara raihan suara pasangan 01 benar dengan jumlah 2.157.976 yang jika dipersentasekan sebesar 54,97% data ini diambil pada pukul 17.30 WIB (19/4) dengan jumlah 20.656 dari 813.350 TPS (2.53962%).

Melalui sambungan telepon, Komisioner KPU Lampung M.Tio Aliansyah tidak mau berkomentar banyak terkait system hitung yang di lakukan oleh KPU RI ini. “kpu provinsi tidak mempunyai kapastias mengomentari hasil hitung,” ujarnya.

Sementara itu, bendahara BPD Prabowo – Sandi Lampung Mikhdar Ilyas mengatakan meski hitung cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei Prabowo – Sandi kalah. Dirinya tetap mengintruksikan kepada seluruh relawan dan parpol pengusung untuk mengawal suara Prabowo – Sandi mulai dari pleno di kecamatan.

Seluruh kader Gerindra di intruksikan untuk melawan segala bentuk kecurangan yang terjadi pada pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun ini.(bow/san)