Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Atal Terpilih Jadi Ketum PWI

0
×

Atal Terpilih Jadi Ketum PWI

Share this article

radartvnews.com – Atal Sembiring Depari, akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Kongres XXIV di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/9). Atal mengalahkan kandidat lainnya, He dry Ch. Bangun.

Dalam sidang pleno, Atal meraih 38 suara 73 total pemegang hak suara. Sementara Hendry 35 suara.

Dengan hasil itu, Pimpinan Sidang Pleno pemilihan Ketum, Zulkifli Otto dari Sulawesi Selatan, dengan didampingi wakil ketua Abdul Munir (Jawa Timur), dan anggota Mirza Zulhadi (Jawa Barat) menetapkan Atal S. Depari sebagai ketum periode 2018-2023.

Sebelum pemilihan, calon ketum diusulkan oleh PWI dari 34 provinsi plus satu dari Solo dan tiga dari PWI pusat. Masing-masing hanya berhak mengusulkan satu calon dengan dituliskan pada kertas yang telah dicap oleh panitia.

Dari penghitungan pengajuan calon, muncul tiga nama. Masing-masing Atal S. Depari meraih 19 dukungan, Hendry 16, dan Sasongko Tedjo satu dukungan. Sementara dua dukungan tidak sah karena mengajukan dua nama.

Selanjutnya, ketiga calon yang muncul ditanyakan oleh pimpinan sidang kesiapannya untuk dicalonkan. Dari ketiganya, hanya Sasongko yang mengundurkan diri.  Sehingga, pimpinan sidang langsung meminta dua calon, Atal  S dan Hendry untuk mengisi formulir pencalonan dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas.

Kemudian, sidang dilanjutkan dengan pemilihan ketum. Setiap provinsi dari Aceh hingga Papua dipanggil oleh panitia pemilihan dan mengisi suara dibilik yang telah ditentukan. Adapun jumlah hak suara setiap provinsi berdasarkan ketentuan bahwa anggota biasa PWI di bawah 100 orang hanya memiliki 1 suara, 100 hingga 200 punya 2 suara, 200 sampai 400 punya tiga suara, dan 400 sampai 600 sebanyak empat suara.

Khusus Lampung, dengan jumlah 509 anggota biasa, maka memiliki empat suara. Suara Lampung bulat mendukung Bang Atal.

“Dengan terpilihnya ketua umum, maka kami menghaturkan terimakasih atas kepercayaan untuk memimpin sidang dan terima kasih kepada peserta kongres sehingga jalannya pemilihan berlangsung lancar. Selanjutnya, sidang akan dipimpin oleh ketum terpilih untuk pemilihan ketua Dewan Kehormatan (DK). Maka, sidang pleno pemilihan ketum kami tutup,” ucapnya sembari mengetuk palu sidang tiga kali.

Bang Atal pun langsung disambut ucapan selamat oleh peserta kongres. Setelah berlangsung selama lebih kurang 10 menit, Bang Atal mengambil alih sidang, untuk pleno pemilihan ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI. Sebelum pemilihan sidang diskors untuk ishoma. (*)